Dikenal Loyal, Berikut 11 Suporter Sepak Bola Paling Fanatik di Indonesia

Mereka dikenal sangat loyal dan militan dalam mendukung klub

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 04 Oktober 2022 | 23:00 WIB
Suporter yang tergabung dalam The Jakmania memberi dukungan kepada kesebelasan Persija Jakarta yang melawan Mitra Kukar FC dalam pertandingan liga 1 2018, di Stadiun Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/12/2018). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Suporter yang tergabung dalam The Jakmania memberi dukungan kepada kesebelasan Persija Jakarta yang melawan Mitra Kukar FC dalam pertandingan liga 1 2018, di Stadiun Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/12/2018). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Bolatimes.com - Sepak bola menjadi olahraga pertama favorit masyarakat Indonesia, tak heran banyak kelompok suporter yang terkenal fanatik akan loyalitas terhadap klub kebanggaan.

Kesetiaan para suporter ini bisa diukur dari loyalitas mereka saat tim tengah terpuruk, selalu memberi dukungan dalam kondisi apapun.

Tak sekadar menyanyikan yel-yel selama 90 menit pertandingan digelar, lebih dari itu para suporter siap memberi jiwa-raga mereka.

Bukan tanpa alasan jika suporter disebut sebagai pemain ke-12, lantas suporter klub Indonesia mana saja yang terkenal akan loyalitasnya? berikut di antaranya.

1. Bobotoh

Bobotoh merupakan sebutan untuk kelompok suporter Persib Bandung, dalam bahasa Sunda artinya orang yang menghidupkan atau memberi semangat.

Karena itu juga kehadiran mereka di stadion selalu memberi semangat bagi para pemain, Bobotoh tak hanya ada di Indonesia tetapi juga di luar negeri seperti Malaysia dan Inggris.

2. The Jakmania

Jakmania menjadi suporter dengan loyalitas tinggi selanjutnya, datang lewat inisiasi manajer Persija Jakarta, Diza Rasyid Ali.

Yang saat itu juga didukung Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, kesetiaan Jakmania selalu dibuktikan tak hanya saat klub sedang bagus-bagusnya.

3. Maczman

Suporter PSM Makassar terkenal dengan slogannya yang sudah mendunia, yakni Ewako namun lebih terkenal lagi karena loyalitas yang dimiliki.

Kelompok suporter ini lahir pada 2001, hingga saat ini menjadi salah satu suporter paling loyal untuk PSM selain kelompok lainnya seperti Red Gank dan Laskar Ayam Jantan.

4. Suporter Persipura

The Comen's dan Black Pearl Curva Nord menjadi suporter setia yang selalu memberi dukungan terhadap Persipura Jayapura.

Meski harus terdegradasi ke kasta kedua kompetisi mulai musim 2022-2023, kesetiaan para suporter dalam memberi dukungan belum luntur.

5. Aremania

Aremania merupakan kelompok suporter fanatik yang selalu setia memberi dukungan untuk Arema, hadir sejak 1990-an.

Meskipun saat ini tengah berduka lewat Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu, yang menewaskan lebih dari 100 orang Aremania.

6. Bonek

Bonek merupakan basis suporter terbesar di Surabaya dan merupakan garda terdepan pemberi dukungan Persebaya saat berlaga.

Sesuai dengan namanya, Bonek selalu memberi dukungan tak peduli lawan yang dihadapi, selalu setia tak hanya saat menang tetapi juga saat meraih hasil buruk.

7. Pusamania

Pusamania, atau singkatan dari Putra Samarinda Mania merupakan kelompok suporter yang sudah terbentuk sejak 1994.

Kelompok suporter ini merupakan pendukung setia dari klub kebanggaan Pulau Kalimantan, Borneo FC yang berlaga di Liga 1 2022.

8. Pasoepati

Kesetiaan Pasopati sebagai pendukung loyal Persis Solo terlihat jelas saat menemani klub yang berbasis di Kota Surakarka/Solo ini promosi ke Liga 1 2022.

Kelompok suporter yang muncul sejak klub bernama Pelita Jaya Solo bermarkas di Stadion Manahan pada era 2000-an.

9. Suporter PSMS Medan

Pendukung setia klub raksasa Sumatera, meski urung naik ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia, hal itu menandakan kesetiaan para suporter menemani PSMS Medan.

Mulai dari PFC (PSMS Medan Fans Club), KAMPAK FC (Kesatuan Anak Medan Pecinta Ayam Kinantan Fans Club) dan masih banyak lagi.

10. Ultras Gresik

Jawa Timur tak melulu soal Aremania dan Bonek, Ultras Gresik memberi warna tersediri, suporter yang berdiri sejak 1994.

Saat itu mendukung dua kesebelasan yang bermain di Liga Utama Indonesia, Petrokimia dan Pesegres, menjadikan ultras Gresik salah satu yang fanatik.

11. Brigata Curva Sud (BCS)

Brigata Curva Sud (BCS) merupakan garda terdepan pemberi dukungan PSS Sleman saat bertanding, selain loyal kelompok suporter ini juga terkenal dengan kreativitas dalam mendukung.

Semangat itulah yang kemudian membawa Sleman terbang naik ke kasta tertinggi sepak bola Tanah Air, di tahun 2019.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak