Bolaindonesia

Profil Alberto Gonzalez Cabot, Pelatih Timnas UEA U-16 yang Pernah Latih Klub Ternama Spanyol

Inilah Alberto Gonzalez Cabot, pelatih UEA U-16 yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-16

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas UEA U-16, Alberto Gonzalez Cabot. (Dok. Valetics)
Pelatih Timnas UEA U-16, Alberto Gonzalez Cabot. (Dok. Valetics)

Bolatimes.com - Profil Alberto Gonzalez Cabot, pelatih dari Uni Emirat Arab (UEA) U-16 akan dibahas dalam artikel ini.

Timnas Indonesia U-16 sendiri dijadwalkan bakal melakoni laga kedua Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 melawan UEA U-16.

Duel kedua tim rencananya akan bergulir di Stadion Pakansari Bogor pada Rabu (5/10/2022) pukul 20.00 WIB. Ini akan menjadi laga yang menentukan buat kedua tim.

Untuk sementara UEA U-17 memimpin klasemen Grup B dengan 3 poin usai mengalahkan Guam dan Palestina. Timnas Indonesia U-16 mengekor di urutan kedua dengan 3 poin.

Adapun, pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B kali ini diwarnai dengan suasana duka akibat tragedi Kanjuruhan akhir pekan lalu.

Usai menang 4-3 atas Palestina U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Pakansari, Gonzalez Cabot mencoba menguatkan publik Indonesia, Senin (3/10). Cabot menyampaikan duka cita untuk Indonesia yang kemudian dilanjutkan dengan pesan menyentuh.

Bentuk solidaritas atau simpati semacam ini di mata Cabot sangat dibutuhkan di dunia sepak bola. Kebersamaan dianggap segalanya dibanding rivalitas.

Meski sedang dalam kondisi duka dan diwarnai tragedi kelam, Alberto Gonzalez Cabot mengaku tidak takut berada di Indonesia.

Baginya fokus saat ini adalah menuntaskan pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dan membawa UEA U-17 lolos ke putaran final.

Lantas, siapa sebetulnya Cabot? Berikut ulasannya!

Profil Alberto Gonzalez Cabot

Alberto Gonzalez Cabot adalah sosok asal Spanyol. Sebagai pelatih di kelompok usia, dia terbilang punya modal yang mumpuni.

Cabot kini mengantongi lisensi kepelatihan UEFA PRO dan AFC Pro, selain itu dia juga mengantongi sertifikat FIFA Youth Development.

Dia sudah memulai karier kepelatihannya sejak 2007 dengan menjadi pelatih kebugaran untuk usia U-13 dan U-16. Cabot juga sempat menjadi staf kepelatihan di Valencia U-14 dan U16.

Pada 2011, Cabot merantau ke Asia dengan bergabung ke klub UEA, Al Jazira Club. Dia menangani U-13, U-17, U-19 dan menjadi pelatih fisik di tim utama Al Jazira.

Setelah dari sana, Cabot pindah ke Al Ain Sports & Cultural Club. Dia menjabat dalam beberapa posisi mulai dari pelatih U-16, U-17, Direktur Teknik, dan Tim Analisa.

Kemudian pada November 2020, Alberto Gonzalez Cabot ditunjuk menjadi pelatih kepala Al Nasr. Namun, cuma 9 bulan dia menjabat di sana.

Lantas pada Juli 2021, Alberto Gonzalez Cabot ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola UEA untuk menjadi pelatih kepala UEA U-17 hingga sekarang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini