Bolaindonesia

Profil Erwin Manibusan Jr, Kapten Guam yang Menangis seusai Dibantai Indonesia

Erwin Manibusan Jr tak mampu menahan kesedihan. Air matanya jatuh hingga hidungnya memerah

Irwan Febri Rialdi

Pemain Guam menangis usai timnya dikalahkan Timnas Indonesia U-16 14-0 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (tangkapan layar Tiktok/@rnl___)
Pemain Guam menangis usai timnya dikalahkan Timnas Indonesia U-16 14-0 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (tangkapan layar Tiktok/@rnl___)

Bolatimes.com - Kesedihan yang amat mendalam tampaknya sudah tak bisa dibendung oleh kapten timnas Guam U-17, Erwin Manibusan Jr, seusai timnya dibantai timnas Indonesia U-17 pada laga perdana Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sebab, setelah Guam digasak Indonesia dengan skor telak 0-14 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin (3/10/2022) itu, Erwin Manibusan Jr terlihat mengucurkan air matanya.

Sejumlah video yang memperlihatkan momen-momen kesedihan Erwin Manibusan Jr seusai pertandingan itu pun tersebar luas di media sosial, salah satunya TikTok.

Dari video yang beredar, kepala Erwin tampak tertunduk lesu. Tangan kirinya pun beberapa kali mengusap air mata yang mengucur deras membasahi wajahnya.

Beberapa pemain timnas Indonesia U-17 seperti Jehan Pahlevi hingga Ji Da Bin pun sempat menghampiri kapten timnas Guam U-17 ini untuk memberikan semangat dan dukungannya.

Selain itu, rekan-rekannya di skuad timnas U-17 Guam yang lain juga terlihat untuk menenangkan pemain bernama lengkap Erwin Baltazzar Manibusan Jr tersebut.

Bagi Erwin Manibusan Jr, kekalahan telak ini jelas sangat mengecewakan. Sebab, sebelum digilas Indonesia dengan skor 0-14, Guam juga sempat digasak Uni Emirat Arab dengan skor 0-9.

Dua hasil buruk itulah yang saat ini membuat tim asuhan Samuel San Gil itu terperosok di dasar klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 karena belum mengoleksi poin dari dua laga.

Profil Erwin Manibusan Jr, Sang Kapten Guam

Erwin Manibusan Jr merupakan salah satu di antara 23 nama pemain yang dibawa pelatih timnas Guam U-17, Samuel San Gil, untuk menghadapi persaingan ketat di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Semua nama pemain ini memang telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Sebab, Erwin Manibusan Jr dan kawan-kawan mendapatkan tempaan jangka panjang dari tim pelatih.

Sejumlah turnamen juga telah diikuti oleh timnas Guam U-17 jauh sebelum bertolak ke Jakarta demi menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Beberapa turnamen yang menjadi pemanasan Erwin Manibusan dan kawan-kawan ialah Davis Legacy College Showcase di Davis serta ajang Surf Cup 2022 di San Diego. 

Setelah berpartisipasi pada dua turnamen ini, persiapan tim asuhan Samuel San Gil dilanjutkan di GFA National Training Center alias Pusat Pelatihan Nasional milik Federasi Sepak Bola Guam (GFA).

Kiprah mereka memang cukup terekam di ajang Surf Cup 2022. Dari tiga pertandingan, Guam U-17 hanya mampu memenangkan satu pertandingan saja, yakni ketika menghadapi FC Golden State West ECNL.

Dalam pertandingan itu, Erwin Manibusan dkk sukses unggul 4-2. Hasil ini memang meletupkan kegembiraan tersendiri bagi timnas Guam U-17.

Sebab, ini adalah satu-satunya kemenangan yang mampu diraih. Dua pertandingan lainnya mereka selalu menelan kekalahan. Pada laga pertama, Guam ditaklukkan Placer United Soccer Club U-16 06 ECNL dengan skor 0-1.

Lalu, pada pertandingan kedua, mereka menjadi bulan-bulanan Albion SC Hawaii B2006 Academy. Sebab, Erwin Manibusan dkk saat itu lalah dengan skor 0-7.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini