Profil Erwin Manibusan Jr, Kapten Guam yang Menangis seusai Dibantai Indonesia

Erwin Manibusan Jr tak mampu menahan kesedihan. Air matanya jatuh hingga hidungnya memerah

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 04 Oktober 2022 | 15:45 WIB
Pemain Guam menangis usai timnya dikalahkan Timnas Indonesia U-16 14-0 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (tangkapan layar Tiktok/@rnl___)

Pemain Guam menangis usai timnya dikalahkan Timnas Indonesia U-16 14-0 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (tangkapan layar Tiktok/@rnl___)

Bolatimes.com - Kesedihan yang amat mendalam tampaknya sudah tak bisa dibendung oleh kapten timnas Guam U-17, Erwin Manibusan Jr, seusai timnya dibantai timnas Indonesia U-17 pada laga perdana Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sebab, setelah Guam digasak Indonesia dengan skor telak 0-14 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin (3/10/2022) itu, Erwin Manibusan Jr terlihat mengucurkan air matanya.

Sejumlah video yang memperlihatkan momen-momen kesedihan Erwin Manibusan Jr seusai pertandingan itu pun tersebar luas di media sosial, salah satunya TikTok.

Dari video yang beredar, kepala Erwin tampak tertunduk lesu. Tangan kirinya pun beberapa kali mengusap air mata yang mengucur deras membasahi wajahnya.

Beberapa pemain timnas Indonesia U-17 seperti Jehan Pahlevi hingga Ji Da Bin pun sempat menghampiri kapten timnas Guam U-17 ini untuk memberikan semangat dan dukungannya.

Selain itu, rekan-rekannya di skuad timnas U-17 Guam yang lain juga terlihat untuk menenangkan pemain bernama lengkap Erwin Baltazzar Manibusan Jr tersebut.

Bagi Erwin Manibusan Jr, kekalahan telak ini jelas sangat mengecewakan. Sebab, sebelum digilas Indonesia dengan skor 0-14, Guam juga sempat digasak Uni Emirat Arab dengan skor 0-9.

Dua hasil buruk itulah yang saat ini membuat tim asuhan Samuel San Gil itu terperosok di dasar klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 karena belum mengoleksi poin dari dua laga.

Profil Erwin Manibusan Jr, Sang Kapten Guam

Erwin Manibusan Jr merupakan salah satu di antara 23 nama pemain yang dibawa pelatih timnas Guam U-17, Samuel San Gil, untuk menghadapi persaingan ketat di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Semua nama pemain ini memang telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Sebab, Erwin Manibusan Jr dan kawan-kawan mendapatkan tempaan jangka panjang dari tim pelatih.

Sejumlah turnamen juga telah diikuti oleh timnas Guam U-17 jauh sebelum bertolak ke Jakarta demi menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Beberapa turnamen yang menjadi pemanasan Erwin Manibusan dan kawan-kawan ialah Davis Legacy College Showcase di Davis serta ajang Surf Cup 2022 di San Diego. 

Setelah berpartisipasi pada dua turnamen ini, persiapan tim asuhan Samuel San Gil dilanjutkan di GFA National Training Center alias Pusat Pelatihan Nasional milik Federasi Sepak Bola Guam (GFA).

Kiprah mereka memang cukup terekam di ajang Surf Cup 2022. Dari tiga pertandingan, Guam U-17 hanya mampu memenangkan satu pertandingan saja, yakni ketika menghadapi FC en State West ECNL.

Dalam pertandingan itu, Erwin Manibusan dkk sukses unggul 4-2. Hasil ini memang meletupkan kegembiraan tersendiri bagi timnas Guam U-17.

Sebab, ini adalah satu-satunya kemenangan yang mampu diraih. Dua pertandingan lainnya mereka selalu menelan kekalahan. Pada laga pertama, Guam ditaklukkan Placer United Soccer Club U-16 06 ECNL dengan skor 0-1.

Lalu, pada pertandingan kedua, mereka menjadi bulan-bulanan Albion SC Hawaii B2006 Academy. Sebab, Erwin Manibusan dkk saat itu lalah dengan skor 0-7.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak