Bolaindonesia

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Liga 2 Dihentikan Sementara

Setelah Liga 1, kini Liga 2 juga disetop sementara.

Husna Rahmayunita

Logo Liga 2 2021. (Instagram/liga2match)
Logo Liga 2 2021. (Instagram/liga2match)

Bolatimes.com - Kompetisi Liga 2 2022/2023 dihentikan sementara buntut Tragedi Kanjuruhan usai laga Liga 1 antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya.

Operator kompetisi sepak bola Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), memutuskan untuk gelaran Liga 2 ditunda selama dua pekan. LIB menunggu perkembangan lanjutan dari PSSI.

Keputusan ditundanya gelaran Liga 2 diambil setelah LIB menggelar rapat koordinasi pada Minggu (2/10/2022) yang digelar di pendopo Kantor Bupati Malang.

Rapat tersebut dihadiri Menko PMK, Menpora, Kapolri, Gubernur Jawa Timur, Anggota Komisi X DPR RI, Kapolda Jawa Timur, Pangdam Brawijaya dan juga unsur-unsur terkait dalam penanganan tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Bentrok suporter dengan aparat keamanan terjadi pada Sabtu (1/10/2022) malam WIB usai pertandingan Arema FC vs Persebaya, yang dimenangkan tim tamu dengan skor 3-2.

Usai laga, suporter masuk ke dalam lapangan sehingga memicu reaksi dari aparat keamanan. Bentrokan pun tidak terhindarkan dan tembakan gas air mata dilepaskan polisi di dalam stadion.

Akibat insiden tersebut, lebih dari 120 orang dilaporkan meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka. Jumlah korban tewas kemungkinan bertambah mengingat masih banyaknya suporter yang mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Terkait tragedi di Kanjuruhan tersebut, LIB dan PSSI juga memutuskan untuk menunda gelaran BRI Liga 1.

Untuk kompetisi BRI Liga 1 2022/2023, PSSI menghentikan sementara hingga waktu yang tidak ditentukan sesuai arahan dari Presiden RI Joko Widodo.

(Suara.com/Syaiful Rachman)

Berita Terkait

Berita Terkini