Bolaindonesia

Terlepas dari Tragedi, Berikut Fakta Menarik di Balik Kemenangan Persebaya Surabaya atas Arema FC

Menarik dikulik terkait sejumlah fakta menarik di balik kemenangan Persebaya atas Arema FC pada pekan ke-11 Liga 1 2022/

Rauhanda Riyantama

Potret pertandingan saat Arema FC kalah 2-3 lawan Persebaya Surabaya. (Instagram/liga1match)
Potret pertandingan saat Arema FC kalah 2-3 lawan Persebaya Surabaya. (Instagram/liga1match)

Bolatimes.com - Sejumlah fakta menarik tersaji seusai Persebaya Surabaya sukses menumbangkan perlawanan Arema FC pada pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) itu, Persebaya Surabaya sukses mencuri tiga poin setelah menang 3-2 atas Arema FC.

Tiga gol Persebaya pada laga ini dicetak oleh Silvio Rodrigues (8’), Leo Lelis (32’), dan Sho Yamamoto (51’), sedangkan dua gol tim tuan rumah lahir lewat Abel Camara (42’ dan 45+1’).

Selain menyisakan sejumlah catatan menarik, kemenangan Persebaya atas Arema FC ini turut menorehkan sejumlah sejarah besar di balik catatan pertemuan kedua tim.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sederet fakta-fakta menarik yang tersaji di balik kemenangan Persebaya Surabaya atas Arema FC.

1. Aji Santoso Kukuhkan Dominasinya Atas Arema FC

Aji Santoso memang menjadi salah satu sosok yang spesial pada laga ini. Sebab, pelatih yang menakhodai Persebaya Surabaya ini berstatus sebagai pelatih asal Malang, Jawa Timur.

Bahkan, dia juga pernah berstatus sebagai pemain dan pelatih Arema FC. Salah satu prestasi yang pernah dipersembahkannya ialah membawa Singo Edan juara Piala Presiden 2017.

Namun, Aji ternyata memiliki catatan mentereng saat membawa Persebaya melawan Arema FC. Dari lima pertemuan, tak ada satu pun kekalahan yang dialami Aji.

Dari lima laga itu, empat di antaranya berakhir dengan kemenangan, sedangkan satu laga lainnya berakhir dengan seri. 

2. Arema FC Selalu Dihajar Klub Besar saat Main di Kandang

Kekalahan Arema FC dari Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-11 ini semakin menambah panjang daftar kekalahan skuad Singo Edan ini saat menjamu klub-klub besar.

Sebelum ditumbangkan Persebaya Surabaya, Arema FC sempat takluk dari Persib Bandung (1-2) dan Persija Jakarta (0-1). Semua kekalahan ini terjadi di Stadion Kanjuruhan.

Dengan deretan kekalahan ini, catatan buruk skuad Singo Edan saat bermain di kandang semakin lengkap karena mereka justru tumbang saat menghadapi klub-klub elite di Liga 1.

3. Gol Terbanyak Persebaya di Liga 1 2022-2023

Persebaya Surabaya yang sukses meraih kemenangan dengan skor 3-2 ini juga menciptakan catatan tersendiri. Sebab, mereka akhirnya sukses mencetak tiga gol dalam satu pertandingan di Liga 1 2022-2023.

Sebelumnya, paling mentok tim asuhan Aji Santoso mencetak dua gol ke gawang lawan. Selama awal musim ini, aspek produktivitas gol Bajul Ijo memang menjadi catatan tersendiri.

Sebab, hingga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023, Rizky Ridho dan kawan-kawan hanya bisa mencetak 11 gol ke gawang lawan.

4. Kemenangan Pertama Persebaya dalam 28 Tahun

Hasil positif yang diraih Persebaya Surabaya atas Arema FC di Stadion Kanjuruhan ini menciptakan sejarah tersendiri bagi skuad Bajul Ijo.

Sebab, sejak pertama kali bertemu di Liga Indonesia 1994/1995, Persebaya Surabaya belum pernah mengalahkan Arema FC di kandangnya.

Namun, pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (1/10/2022) itu menciptakan sejarah tersendiri karena untuk kali pertama Bajul Ijo sukses menang di kandang Singo Edan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini