Bolaindonesia

3 Alasan Nova Arianto Cocok Latih Timnas Indonesia Gantikan Shin Tae-yong di SEA Games 2023

Nova Arianto berpeluang jadi pengganti Shin Tae-yong.

Husna Rahmayunita

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. [Foto: instagram @novarianto30]
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. [Foto: instagram @novarianto30]

Bolatimes.com - Berikut tiga alasan Nova Arianto cocok latih Timnas Indonesia U-23 untuk menggantikan tugas Shin Tae-yong di SEA Games 2023 Kamboja.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut akan pihaknya akan menepikan Shin Tae-yong di SEA Games 2023 pasca hasil maksimal timnas Indonesia di FIFA Matchday. Nama Nova Arianto masuk kandidat sebagai pengganti.

Posisi Shin Tae-yong dirasa perlu digantikan dengan pelatih lain, bukan untuk menggembosinya namun agar fokus pelatih kesayangan masyarakat Indonesia ini tak banyak terbagi.

Timnas Indonesia memiliki agenda padat mulai akhir tahun 2022, baik di level senior maupun kelompok umur bakal berlaga di turnamen bergengsi.

Seperti yang diketahui bahwa Shin Tae-yong menukangi banyak tim nasional, mulai level U-19, U-23 hingga senior di bawah komandonya.

Sementara itu pergantian posisinya diprediksi untuk timnas Indonesia U-23 yang bakal berlaga di SEA Games 2023.

Lantas bagaimana dengan Nova Arianto? modal apakah yang bisa dibawa eks pemain Persib Bandung ini layak menukangi timnas di SEA Games 2023? berikut 3 alasan kuatnya.

1. Pengalaman

Pengalaman Nova Arianto sebagai asisten pelatih tidak dimulai saat Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih timnas, namun sejak Indra Sjafri jadi bosnya pada 2019 lalu.

Asam garam tentu sudah banyak dirasakan Nova, sederet pengalaman bersama Indra Sjafri dan Shin Tae-yong bisa dikombinasikan mendukung penyusunan taktik dan strategi permainan baru.

2. Tegas

Nova adalah sosok yang memiliki kedekatan lebih dengan seluruh pemain timnas, termasuk salah satunya kelompok umur U-23.

Ia juga tak segan menegur dan menasehati pemain jika sudah keluar dari koridor kedisiplinan yang diterapkan tim pelatih.

Tak peduli seberapa besar nama pemain tersebut, Nova memiliki ketegasan level tinggi dalam membentuk karakter pemain.

3. Paham Kondisi Pemain

Nova Arianto merupakan salah satu asisten Shin Tae-yong, tak hanya di level senior tetapi juga di dua kelompok umur termasuk U-23.

Tentunya Nova sangat paham benar bagaimana kondisi para pemain, mulai dari komposisi pemilihan pemain dan formasi apa yang harus dipakai.

Tugasnya sebagai asisten Shin Tae-yong dijalankan sejak pelatih asal Korea Selatan itu ditunjuk menukangi timnas Indonesia.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini