Bolaindonesia

Tua-tua Keladi, Momen Eks Kiper Persib Bandung Tepis Tendangan Lawan di Liga Thailand

Kiper Veteran Thailand tampil ciamik.

Husna Rahmayunita

Kiper klub Thailand BEC Tero Sasana, Sinthaweechai Hathairattanakool. (Twitter/@TL_Central)
Kiper klub Thailand BEC Tero Sasana, Sinthaweechai Hathairattanakool. (Twitter/@TL_Central)

Bolatimes.com - Aksi gemilang ditunjukkan oleh Sinthaweechai Hathairattanakool, mantan kiper Persib yang kini membela klub Thailad BEC Tero Sasana atau Police Tero FC.

Sinthaweechai Hathairattanakool  tampil impresif saat laga kontra Thai Port FC di  laga tunda pekan ke-4 Liga Thailand, Rabu (28/9.2022).

Dalam duel itu, kedua tim bermain imbang 2-2. BEC Tero Sasana yang berstatus tuan rumah, mampu unggul terlebih dahulu lewat Jeong Woo-geun di menit ke-29.

Keunggulan ini pun bertahan cukup lama, hingga akhirnya Thai Port FC mampu menyamakan kedudukan di menit ke-60 lewat Pakorn Prempak.

Thai Port FC bahkan mampu berbalik unggul di menit ke-81 lewat Suphanan Bureerat di menit ke-81. Hingga akhirnya, BEC Tera Sasana mampu menyamakan kedudukan di menit akhir lewat Isaac Honey di menit ke-90+4.

Dalam pertandingan tersebut, terdapat aksi heroik yang ditunjukkan oleh kiper kawakan Thailand, Sinthaweechai Hathairattanakool bagi timnya, BEC Tero Sasana.

Kiper yang akrab disapa Kosin ini mampu membuat penyelamatan gemilang di menit ke-74 kala menepis tendangan bebas pemain Thai Port FC, Pakorn Prempak.

Tak hanya aksi heroik dengan menepis tendangan bebas, Kosin juga melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola Rebound tendangan bebas tersebut di muka gawangnya.

Aksi gemilang Kosin ini pun membuat banyak orang berdecak kagum. Maklum saja, saat ini usianya sudah menginjak 40 tahun.

Meski terbilang senja sebagai pemain, Kosin ternyata masih memiliki reflek gemilang seperti yang ia miliki kala masih berada di usia emas.

Mantan Kiper Persib

Sinthaweechai Hathairattanakool sendiri memang dianggap sebagai salah satu kiper terbaik yang ada di Asia Tenggara.

Hal ini tak lepas dari rekam jejaknya. Tercatat, ia pernah membela tim-tim papan atas Thailand seperti Chonburi FC.

Selain itu, Kosin juga pernah berkiprah di Liga Indonesia, di mana ia pernah membela Persib Bandung dalam dua periode, yakni pada 2006 dan 2009.

Karenanya, Kosin pun menjadi salah satu kiper asing yang tercatat pernah membela Persib Bandung hingga saat ini.

Selama membela Persib, Kosin mampu menjadi pujaan Bobotoh karena kepiawaiannya di bawah mistar gawang Maung Bandung.

Tak hanya dipuja Bobotoh, Kosin bahkan selalu diandalkan pelatih. Pada musim pertamanya di Persib, ia mampu tampil sebanyak 33 kali.

Kiprah mentereng Kosin juga terlihat bersama Timnas Thailand, di mana dirinya menjadi kiper andalan sejak debutnya pada 2004 silam.

Sejak debutnya itu, Kosin telah tampil sebanyak 78 kali bagi tim Gajah Perang dengan 34 penampilan di ajang-ajang resmi.

Dalam 34 penampilan di ajang-ajang resmi itu, Kosin mampu mencetak Clean Sheet sebanyak 10 kali dan kebobolan 57 gol, catatan yang tak begitu buruk bagi dirinya.

Selain itu, Kosin juga berhasil membawa Thailand menjuarai Piala AFF 2016, meski dirinya hanya bermain sekali saja, yakni di babak grup.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini