Bolaindonesia

Kisah Samuel Stenson, Pemain Guam U-16 yang Cetak 4 Gol dalam Satu Pertandingan di California

Samuel Stenson menjadi salah satu pemain Guam yang perlu diwaspadai Timnas Indonesia U-16

Irwan Febri Rialdi

Bintang Timnas Guam U-16, Samuel Stenson. (Dok. Guam FA)
Bintang Timnas Guam U-16, Samuel Stenson. (Dok. Guam FA)

Bolatimes.com - Salah satu pemain timnas Guam U-16 yang patut diwaspadai timnas Indonesia U-16 pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ialah Samuel Stenson.

Sebab, Samuel Stenson sudah membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu pemain yang cukup penting bagi timnas Guam U-16. Sebab, ia sempat tampil impresif ketika mengikuti ajang Surf Cup Sunday Morning 2022.

Pada sebuah pertandingan yang berlangsung pada medio Juni lalu, Samuel Stenson menjadi salah satu bintang kemenangan Guam saat membabat FC Golden State West ECNL pada laga terakhir di fase grup.

Ketika itu, timnas Guam U-16 sukses menang dengan skor 4-2. Empat gol yang dicetak pada laga ini seluruhnya dicatatkan oleh Samuel Stenson.

“Perasaan (setelah pertandingan) hanyalah kebahagiaan dan kegembiraan yang murni dari kami semua,” kata Stenson seusai pertandingan tersebut, seperti dikutip dari laman resmi Federasi Sepak Bola Guam.

“Memasuki pertandingan final, kami tidak ingin kembali pulang dengan perasaan kecewa dengan diri kami sendiri karena merasa kurang berprestasi,” lanjutnya.

Kebahagiaan yang dirasakan Stenson sebetulnya cukup wajar. Sebab, ini menjadi satu-satunya kemenangan yang diraih timnas Guam U-17 di ajang tersebut.

Sebelumnya, mereka sempat kalah pada laga pembuka Surf Cup 2022 ketika tumbang 0-1 dari Placer United Soccer Club U-16 06 ECNL.

Kemudian, pada pertandingan kedua Samuel Stenson dan kawan-kawan justru menjadi bulan-bulanan lawannya setelah digilas tujuh gol tanpa balas oleh Albion SC Hawaii B2006 Academy.

Stenson tentu enggan menyia-nyiakan kesempatan berharga ini. Sebab, bagi seorang pemain muda sepertinya, memperkuat tim nasional menjadi kebanggaan yang luar biasa.

Namun, dia tetap menyadari bahwa di ajang tersebut, timnas Guam U-16 dianggap sebagai kontestan yang paling lemah di atas kertas.

“Salah satu kunci bagi saya adalah mengetahui betapa beruntungnya saya bisa mendapatkan peluang ini (tampil bersama timnas Guam U-16) untuk menunjukkan bakat kami dan mewakili Guam,” ujarnya.

“Kompetisi ini sangat berbeda dari yang biasa kami lakukan. Kami harus adaptasi. Kami benar-benar kecil dibandingkan dengan tim yang kami hadapi,”

Stenson berharap, tim asuhan Samuel San Gil ini bisa terus belajar banyak hal menjelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Indonesia.

Sebab, masih ada banyak aspek yang perlu dibenahi timnas Guam U-16, seperti meningkatkan skill dalam menghadapi permainan-permainan kompetitif.

“Meskipun demikian, saya pikir secara keseluruhan, kami memainkan sepak bola yang luar biasa dan masih harus banyak belajar sebelum Oktober (untuk Kualifikasi Piala Asia U-16 2023,” katanya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini