Bolaindonesia

5 Pemain Naturalisasi yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Ada Eks Premier League

Bisa dibayangkan bagaimana Timnas Indonesia jika diperkuat kelima pemain naturalisasi ini?

Irwan Febri Rialdi

Sandy Walsh dan Jordi Amat memegang syal Indonesia. (Dok. PSSI)
Sandy Walsh dan Jordi Amat memegang syal Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berpeluang untuk diperkuat sejumlah nama pemain naturalisasi saat menghadapi gelaran bergengsi Piala AFF 2022 yang berlangsung pada akhir tahun nanti.

Setidaknya, ada lima nama pemain naturalisasi yang bisa memperkuat timnas Indonesia ketika menghadapi Piala AFF 2022 yang rencananya bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 2023 ini.

Pada Piala AFF 2022, timnas Indonesia yang tergabung di Grup A akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan salah satu di antara Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Menghadapi empat kontestan tersebut, timnas Indonesia diprediksi tak akan menghadapi kesulitan berarti untuk merebut tiket lolos ke fase semifinal Piala AFF 2022.

Dengan catatan, entah itu lolos sebagai juara Grup A atau dengan status runner-up. Secara hitung-hitungan di atas kertas, tiket lolos ke semifinal tak akan sulit dicapai.

Pemain-pemain naturalisasi ini juga menjadi kekuatan penting bagi skuad asuhan Shin Tae-yong untuk mengincar gelar pertamanya di ajang paling bergengsi antarnegara ASEAN tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima nama pemain naturalisasi yang bisa memperkuat timnas Indonesia saat menghadapi ajang Piala AFF 2022.

1. Marc Klok

Sejauh ini, Marc Klok menjadi pemain naturalisasi yang paling sering mendapatkan kepercayaan tampil dari Shin Tae-yong saat menghadapi ajang-ajang internasional.

Sejak mencatatkan debutnya melawan Bangladesh pada 1 Juni 2022, kini pemain kelahiran Belanda itu sudah mencatatkan dua gol dari lima penampilannya.

Dia juga ikut membantu meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023. Oleh karena itu, Klok diprediksi akan kembali dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi Piala AFF 2022.

2. Stefano Lilipaly

Sejauh ini, Stefano Lilipaly masih menjadi salah satu nama pemain naturalisasi yang sukses mencatatkan caps terbanyak bersama timnas Indonesia di level internasional.

Sejak mendapat kesempatan debut bersama pelatih Jacksen F Tiago pada 14 Agustus 2013, Lilipaly sejauh ini sudah menorehkan tiga gol dari 27 penampilannya di level internasional.

Sayangnya, Lilipaly sempat absen ketika Indonesia menghadapi dua laga melawan Curacao. Bukan tidak mungkin, dia akan kembali dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi Piala AFF 2022 apabila performanya bersama Borneo FC di Liga 1 2022-2023 kembali moncer.

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama menjadi nama pemain naturalisasi terbaru yang berpeluang besar untuk memperkuat timnas Indonesia ketika menghadapi Piala AFF 2022.

Sebab, saat ini proses naturalisasinya terus berproses. Yang terbaru, DPR RI telah menerima surat permohonan pertimbangan calon naturalisasi timnas Indonesia dari Presiden Joko Widodo.

Yang terbaru, proses naturalisasi Shayne Pattynama akan melalui tahap pertimbangan oleh Komisi III dan Komisi X DPR RI. Mengingat waktu yang masih panjang hingga Piala AFF 2022, Shayne diyakini bisa memperkuat timnas Indonesia.

4. Sandy Walsh

Performa impresif Sandy Walsh bersama klub kasta tertinggi Liga Belgia, KV Mechelen, membuat timnas Indonesia memiliki harapan besar di Piala AFF 2022.

Sebab, dari sembilan penampilannya bersama KV Mechelen di Jupiler Pro League 2022/20223, Sandy sudah menorehkan dua gol dan dua assist dari sembilan pertandingan.

Pemain yang berposisi di sektor bek kanan ini tinggal menunggu disumpah menjadi WNI setelah berkat permohonannya disetujui Komisi III dan Komisi X DPR RI.

5. Jordi Amat

Sektor pertahanan timnas Indonesia akan mendapatkan bantuan penting apabila nantinya diperkuat oleh pemain keturunan Spanyol, Jordi Amat.

Saat ini, jebolan Premier League itu berstatus sebagai pemain klub raksasa Liga Super Malaysia, Johor Darul Takzim. Proses naturalisasinya hanya tinggal menunggu disumpah setelah sebelumnya disetujui oleh dua Komisi DPR RI.

Berbagai pengalaman mentereng yang dimiliki Jordi Amat ketika berkarier di Liga Spanyol tentu akan menjadi suntikan kekuatan yang luar biasa untuk tim asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini