Bolaindonesia

Eks Bintang Timnas Vietnam: Indonesia Selalu Menjadi Kekuatan di Asia Tenggara

Eks Timnas Vietnam menyebut Indonesia memang negara kuat di Asia Tenggara, bahkan sebelum ada Shin Tae-yong

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)
Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mantan Pemain Vietnam, Nguyen Manh Dung, mengakui bahwa Indonesia merupakan salah satu kekuatan terbesar di Asia Tenggara. Ia menilai skuat Garuda sudah kuat, bahkan sebelum dilatih oleh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia saat ini menjadi sorotan karena berhasil menang dalam dua pertandingan menghadapi Curacao. Nama Shin Tae-yong pun dielu-elukan karena mampu memberikan progres positif bagi skuad Garuda.

Kesuksesan Shin Tae-yong ini membuat PSSI ingin segera memperpanjang kontraknya. Akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan ini mengaku masih belum melakukan pembicaraan lebih lanjut.

"Jujur saya belum pernah duduk bersama PSSI soal perpanjangan kontrak saya. Karena kontrak saya masih berlaku hingga Desember tahun depan, ini bukan masalah yang saya pikirkan," ucap Shin Tae-yong.

Terkait masalah ini, mantan pemain Vietnam Nguyen Manh Dung ikut buka suara. Ia menyebutkan bahwa Shin Tae-yong bukan sosok yang spesial bagi skuad Garuda.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Menurutnya timnas Indonesia sejatinya sudah baik sebelum dilatih Shin Tae-yong. Hanya saja memang prestasinya memang tidak terlihat karena bukan ditangani oleh pelatih hebat.

"Sebelum pak Shin, timnas Indonesia sangat kompetitif. Tapi mungkin saat itu mereka tidak dipimpin oleh pelatih yang hebat, sehingga prestasi mereka terkadang tidak terlihat jelas," ucap Manh Dung dikutip dari Soha.vn pada Rabu (28/9/2022).

"Indonesia selalu menjadi kekuatan dalam sepak bola Asia Tengara. Jadi kalau Indonesia ingin mempertahankan pak Shin, keahliannya hanya diperlukan sebagaian, dan citra (nama besar) adalah kuncinya," imbuhnya.

Kendati begitu, tidak dimungkiri bahwa kehadiran Shin Tae-yong berefek positif untuk timnas Indonesia. Sejak ditangani pelatih berusia 52 tahun ini, skuad Garuda mampu berbicara banyak di level Asia.

Buktinya timnas Indonesia meraih runner up di Piala AFF 2020 lalu. Bahkan Shin Tae-yong berhasil mengantarkan tim Merah Putih lolos ke Piala Asia 2023.

Berita Terkait

Berita Terkini