Profil Dendy Sulistyawan, Pahlawan Kemenangan Timnas Indonesia saat Tumbangkan Curacao

Tak banyak mendapat sorotan. Masuk sebagai pengganti, Dendy Sulistyawan menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 28 September 2022 | 10:47 WIB
Aksi winger Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Aksi winger Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Penyerang timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, menjadi salah satu nama yang diperbincangkan seusai mencetak gol kemenangan ke gawang Curacao pada laga FIFA Matchday periode September 2022.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022), Dendy Sulistyawan sukses mencetak gol kedua timnas Indonesia untuk membungkam Curacao dengan skor 2-1.

Awalnya, timnas Indonesia unggul terlebih dahulu lewat gol Dimas Drajad. Lalu, gol balasan timnas Curacao dilesakkan Jeremy Antonisse menit ke-47.

Pada menit ke-87, Dendy Sulistyawan sukses mencari ruang kosong untuk meneruskan umpan silang yang dikirimkan oleh Witan Sulaeman menjadi gol.

Dengan gol ini, Dendy sukses membawa skuad Merah Putih unggul kembali unggul dan kedudukan ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Profil Dendy Sulistyawan

Dendy Sulistyawan merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Lamongan, Jawa Timur, pada 12 Oktober 1996. Saat ini, usianya telah menginjak angka 25 tahun.

Sebagai anak yang berasal dari Lamongan, Dendy mengawali kiprahnya bersama Persela U-21. Ketika itu, dia bermain di sana mulai dari rentang 2014 hingga 2016.

Pemain yang berpostur 176 cm ini sempat bermain bersama tim senior Laskar Joko Tingkir pada ajang Piala Presiden 2015. Sejak saat itu, namanya melambung.

Akhirnya, nama Dendy muncul ketika Persela Lamongan mendaftarkan skuad untuk mengikuti ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. 

Debutnya di ajang resmi tercatat ketika Persela menghadapi Persegres Gresik United pada pekan pertama ISC 2016. Adapun gol pertamanya baru tercipta pada pekan delapan ketika menghadapi Barito Putera.

Performanya sepanjang musim memang cukup apik. Meski saat itu baru berusia 20 tahun, Dendy mampu membukukan tujuh gol dari 32 penampilannya untuk skuad Laskar Joko Tingkir.

Setelah semusim bermain untuk Persela, Dendy mendapatkan kontrak dari Bhayangkara FC yang tengah bersiap menghadapi Liga 1 2017. Pada musim yang sama, ia turut merasakan gelar juara bersama klub berjulukan The Guardian itu.

Setelah itu, Dendy kembali diboyong Persela dengan status pinjaman untuk menghadapi Liga 1 2018. Sepanjang musim itu, ia sukses mendulang sembilan gol hanya dari 16 penampilannya.

Setelah Liga 1 2018 berakhir, praktis masa peminjaman Dendy berakhir. Dia pun kembali berseragam Bhayangkara FC hingga saat ini.Sebetulnya, jika menelisik performa Dandy bersama Bhayangkara FC di musim ini, dia memang cukup menjanjikan.

Sebab, dari 10 penampilannya bersama The Guardian, pemain berusia 25 tahun ini sukses melesakkan dua gol dan dua assist di Liga 1 2022-2023.

 Kiprah itulah yang tampaknya sukses mencuri perhatian Shin Tae-yong yang akhirnya memanggil Dendy untuk memperkuat timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday.

Debutnya bersama skuad Garuda tercipta pada laga pertama melawan Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (24/9/2022).

Adapun gol pertamanya untuk timnas Indonesia baru tercipta pada laga kedua. Ini menjadi torehan pertama Dendy Sulistyawan untuk skuad Garuda.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak