Bolaindonesia

Profil Dendy Sulistyawan, Pahlawan Kemenangan Timnas Indonesia saat Tumbangkan Curacao

Tak banyak mendapat sorotan. Masuk sebagai pengganti, Dendy Sulistyawan menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Aksi winger Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)
Aksi winger Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Penyerang timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, menjadi salah satu nama yang diperbincangkan seusai mencetak gol kemenangan ke gawang Curacao pada laga FIFA Matchday periode September 2022.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022), Dendy Sulistyawan sukses mencetak gol kedua timnas Indonesia untuk membungkam Curacao dengan skor 2-1.

Awalnya, timnas Indonesia unggul terlebih dahulu lewat gol Dimas Drajad. Lalu, gol balasan timnas Curacao dilesakkan Jeremy Antonisse menit ke-47.

Pada menit ke-87, Dendy Sulistyawan sukses mencari ruang kosong untuk meneruskan umpan silang yang dikirimkan oleh Witan Sulaeman menjadi gol.

Dengan gol ini, Dendy sukses membawa skuad Merah Putih unggul kembali unggul dan kedudukan ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Profil Dendy Sulistyawan

Dendy Sulistyawan merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Lamongan, Jawa Timur, pada 12 Oktober 1996. Saat ini, usianya telah menginjak angka 25 tahun.

Sebagai anak yang berasal dari Lamongan, Dendy mengawali kiprahnya bersama Persela U-21. Ketika itu, dia bermain di sana mulai dari rentang 2014 hingga 2016.

Pemain yang berpostur 176 cm ini sempat bermain bersama tim senior Laskar Joko Tingkir pada ajang Piala Presiden 2015. Sejak saat itu, namanya melambung.

Akhirnya, nama Dendy muncul ketika Persela Lamongan mendaftarkan skuad untuk mengikuti ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. 

Debutnya di ajang resmi tercatat ketika Persela menghadapi Persegres Gresik United pada pekan pertama ISC 2016. Adapun gol pertamanya baru tercipta pada pekan delapan ketika menghadapi Barito Putera.

Performanya sepanjang musim memang cukup apik. Meski saat itu baru berusia 20 tahun, Dendy mampu membukukan tujuh gol dari 32 penampilannya untuk skuad Laskar Joko Tingkir.

Setelah semusim bermain untuk Persela, Dendy mendapatkan kontrak dari Bhayangkara FC yang tengah bersiap menghadapi Liga 1 2017. Pada musim yang sama, ia turut merasakan gelar juara bersama klub berjulukan The Guardian itu.

Setelah itu, Dendy kembali diboyong Persela dengan status pinjaman untuk menghadapi Liga 1 2018. Sepanjang musim itu, ia sukses mendulang sembilan gol hanya dari 16 penampilannya.

Setelah Liga 1 2018 berakhir, praktis masa peminjaman Dendy berakhir. Dia pun kembali berseragam Bhayangkara FC hingga saat ini.Sebetulnya, jika menelisik performa Dandy bersama Bhayangkara FC di musim ini, dia memang cukup menjanjikan.

Sebab, dari 10 penampilannya bersama The Guardian, pemain berusia 25 tahun ini sukses melesakkan dua gol dan dua assist di Liga 1 2022-2023.

 Kiprah itulah yang tampaknya sukses mencuri perhatian Shin Tae-yong yang akhirnya memanggil Dendy untuk memperkuat timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday.

Debutnya bersama skuad Garuda tercipta pada laga pertama melawan Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (24/9/2022).

Adapun gol pertamanya untuk timnas Indonesia baru tercipta pada laga kedua. Ini menjadi torehan pertama Dendy Sulistyawan untuk skuad Garuda.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini