4 Negara Peringkat 50 Besar FIFA yang Berpotensi Jadi Lawan Timnas Indonesia, Ada Korea Selatan

Lewat kenalan orang dalam, Korea Selatan bisa jadi salah satu lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 27 September 2022 | 14:30 WIB
Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)

Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut negara-negara yang ada di peringkat 50 besar FIFA dan berpotensi menjadi lawan Timnas Indonesia di agenda FIFA Matchday berikutnya.

Belum lama ini, Timnas Indonesia melakoni FIFA Matchday dengan menghadapi peringkat ke-84 FIFA, Curacao. Dalam laga tersebut, skuat Garuda mampu meraih kemenangan mengejutkan dengan skor 3-2.

Karena kemenangan itu, ranking Timnas Indonesia pun melonjak, dari yang sebelumnya di peringkat ke-156 menjadi peringkat ke-153. Kesuksesan saat menang di pertandingan pertama atas Curacao pun membuat pendukung Timnas Indonesia dan PSSI merasa senang.

Baca Juga: Marcus Gideon Sangkal Beri Pernyataan Terkait Retaknya Hubungan Kevin Sanjaya dan Herry IP

Karenanya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kemudian mulai merencanakan agar Timnas Indonesia bisa bertanding dengan negara-negara yang berada di peringkat 50 besar FIFA.

Keinginan pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut tak lepas dari keinginannya menaikkan ranking FIFA Timnas Indonesia dan mengasah mental pemain saat bertanding.

"Kami sudah bicara dengan agen yang mendatangkan Curacao. Nanti kami akan cari ranking 50 besar," kata Iwan Bule dalam keterangannya.

Baca Juga: Profil Andre Gaspar, Mantan Pelatih Klub Korea yang Kini Tukangi Borneo FC

"Jadi nanti anak-anak bisa lebih berpengalaman dalam hal bertanding," sambung mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Hingga kini, belum diketahui negara mana yang akan dibujuk Iwan Bule untuk menjadi lawan tanding Timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang.

Karena ingin menantang tim di 50 besar ranking FIFA, tak ada salahnya Iwan Bule mencoba melobi negara-negara berikut ini untuk menjadi lawan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri Tampil Buruk Lawan Curacao, Kariernya di Timnas Indonesia Terancam

Siapa saja mereka? Berikut Bolatimes.com menyajikan ulasan selengkapnya.

1. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang ada di peringkat 50 besar FIFA. Diketahui, tim berjuluk Taeguk Warriors ini duduk di peringkat ke-28 dunia.

Baca Juga: Tatap Pertandingan Kedua, Shin Tae-yong Pamer Momen Kemenangan Timnas Indonesia vs Curacao di GBLA

Korea Selatan bisa menjadi lawan yang cocok bagi Timnas Indonesia mengingat sejarah kedua tim. Tercatat, kedua tim kerap bertemu di ajang-ajang resmi AFC, baik tim senior maupun kelompok umur.

Selain itu, Korea Selatan bisa menjadi lawan Timnas Indonesia karena kedekatannya dengan Shin Tae-yong. Ya, pelatih berusia 51 tahun itu diketahui pernah menjadi juru taktik Taeguk Warriors.

Dengan sejarah panjang yang dimiliki Timnas Indonesia dan Korea Selatan serta hubungan kedua tim dari sosok Shin Tae-yong, Taeguk Warriors pun bisa menjadi lawan di FIFA Matchday mendatang.

2. Paraguay

Paraguay merupakan salah satu tim di peringkat 50 besar FIFA. Saat ini, tim berjuluk Los Guaranies itu menduduki peringkat ke-50.

Kesuksesan Timnas Indonesia mengalahkan Curacao tentu membuat PSSI akan berusaha mendatangkan tim-tim dari kawasan Amerika.

Paraguay dianggap menjadi lawan yang cocok mengingat tim ini punya kiprah mentereng di kawasan CONMEBOL atau Amerika Selatan.

Dengan kemampuan agen yang bisa melobi tim sekelas Curacao untuk menjajal kekuatan Timnas Indonesia, bukan sebuah hal mustahil jika Paraguay menjadi lawan selanjutnya.

3. Yunani

Dari zona Eropa atau UEFA, PSSI bisa saja mencoba melobi Yunani yang kini berada di peringkat ke-49 dunia untuk menjadi lawan Timnas Indonesia selanjutnya.

Yunani merupakan salah satu tim yang diperhitungkan di kancah Eropa. Kesuksesan menjuarai Euro 2004 membuat tim berjuluk Galanolefki dipandang di sepak bola benua biru.

Saat ini kekuatan Yunani pun tengah menurun, terhitung sejak Euro 2004. Dalam beberapa ajang besar seperti Euro dan Piala Dunia belakangan ini, Negeri Para Dewa ini jarang berpartisipasi.

4. Mali

Dari zona Afrika, PSSI bisa mencoba meminta agennya untuk melobi Mali yang ada di peringkat ke-46 untuk menjadi lawan tanding Timnas Indonesia.

Mali merupakan salah satu tim papan atas di Afrika. Hal ini tak lepas dari banyaknya bintang yang dimiliki tim berjuluk Les Aigles.

Selain itu, Mali kemungkinan bersedia melawan Timnas Indonesia mengingat kesamaan kedua negara yang dikenal sebagai negara mayoritas muslim.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Penjaga gawang Dewa United Sonny Stevens mencetak gol ke gawang PSIS Semarang. Gol tersebut menyelamatkan timnya dari kekalahan. Gol bersejarah yang diukir Sonny itu pun lantas dikomentari bek Persib, Nick Kuipers.

bolaindonesia | 06:29 WIB

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong disebut-sebut berpotensi kembali melatih Timnas Korea Selatan setelah pemecatan coach Jurgen Klinsmann.

bolaindonesia | 09:43 WIB

Persib Bandung harus kehilangan Achmad Jufriyanto selama dua pekan. Ia akan mulai absen saat Persib jumpa Barito Putera, lusa nanti. Pelatih Bojan Hodak pun memaparkan situasi yang tengah dialami Jupe.

bolaindonesia | 20:26 WIB

Terang-terangan Erick Thohir memuji Suwon FC yang saat ini bertarung di kasta teratas Liga Korea Selatan, yang siap mempersilahkan Pratama Arhan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.

bolaindonesia | 10:47 WIB

Jika tak ada perubahan, pertandingan Persija vs Madura United akan berlangsung pukul 19.00 WIB. Selain bisa menyaksikan secara gratis di Indosiar, pertandingan tersebut juga bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.

bolaindonesia | 22:16 WIB

Manajemen Persib Bandung berharap semua pihak bisa memahami situasi yang terjadi pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Pada kompetisi musim ini, suporter tim tamu dilarang hadir pada pertandingan tandang, termasuk saat Persib jumpa Barito Putera.

bolaindonesia | 20:58 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memastikan timnya bakal kehilangan satu pemain saat hadapi Barito Putera. Persib akan dijamu Laskar Antasari di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

bolaindonesia | 20:24 WIB

Nova Arianto kini jadi pelatih Timnas Indonesia U-16, pernah memperkuat Persib cukup bersinar di masanya. Bahkan bek berkepala plontos ini mendapat gelar Suster Ngesot dari suporter Persib, Bobotoh.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Terlihat jelas keributan sampai adu fisik yang keras saat latihan yang langsung dipimpin pelatih kepala Bojan Hodak.Saking sengitnya, Alberto Rodriguez sempat mencengkik Ferdiansyah.

bolaindonesia | 10:21 WIB

Posisi Abdul Aziz di skuad Persib Bandung kian terancam. Setelah jarang mendapat menit bermain, nama Abdul Aziz berpotensi hilang dari daftar susunan pemain Persib.

bolaindonesia | 16:58 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak bicara soal lini penyerangan timnya usai laga kontra Persis. Ia mengklaim bahwa sektor depan Persib membaik usai kembali mencetak gol.

bolaindonesia | 10:25 WIB

Tak ada kata menyerah bagi pemain asing yang dibuang Persib ini. Sempat dibekap cedera lama, Tyronne del Pino akhirnya kembali ke lapangan dan meraih kemenangan di laga debut dengan status tandang.

bolaindonesia | 16:54 WIB

Nick Kuipers sangat bangga bisa segera mencetak sejarah di Persib saat melakoni laga melawan Barito Putera di pekan 25 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

bolaindonesia | 13:59 WIB

Sejak latihan perdana, latihan Persib tidak dipimpin oleh pelatih Bojan Hodak. Staf pelatih Goran Paulic mengatakan, Bojan terbang ke luar negeri untuk urusan pribadi. Ia pun mengungkapkan program yang akan dilahap para pemain Persib ke depan.

bolaindonesia | 11:20 WIB

Setelah resmi dilepas Persib, Daisuke Sato akhirnya punya klub baru. Ia sudah resmi diperkenalkan oleh klub asal Filipina bernama Davao Aguilas FC kepada publik pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024.

bolaindonesia | 10:27 WIB

Persib Bandung absen pekan ini. Sementara kiper utamanya, Kevin Ray Mendoza kembali gagal menyabet nominasi penyelamatan Liga 1 pekan 24.

bolaindonesia | 09:43 WIB

Stefano Beltrame mengaku bahwa kondisi dan perasaannya sudah membaik usai hasil imbang lawan Persib. Ternyata ada yang ia lakukan selama Persib libur tiga hari.

bolaindonesia | 08:54 WIB

Persib Bandung belum mau memikirkan Barito Putera di jeda kompetisi Liga 1 yang tengah libur karena Pemilu 2024. Staf pelatih Persib pun ungkap rencana yang akan dilakoninya saat ini.

bolaindonesia | 10:17 WIB
Tampilkan lebih banyak