Bolaindonesia

Profil Corbin Ong, Pahlawan Malaysia atas Thailand yang Pernah Diobrak-abrik Saddil Ramdani

Corbin Ong menjadi pencetak gol Timnas Malaysia atas Thailand. Namun, dia pernah dibuat keteteran ketika melawan Saddil Ramdani di Liga Malaysia

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Corbin Ong usai Timnas Malaysia mengalahkan Thailand di Kings Cup 2022. (Dok. FAM)
Selebrasi Corbin Ong usai Timnas Malaysia mengalahkan Thailand di Kings Cup 2022. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - La’Vere Corbin Ong menjadi pahlawan kemenangan timnas Malaysia saat menghadapi Thailand pada ajang King’s Cup 2022.

Sebab, La’Vere Corbin Ong sukses membawa timnas Malaysia unggul terlebih dahulu ketika sukses membobol gawang Thailand pada menit ke-32.

Gol ini dicetak Corbin Ong seusai memanfaatkan umpan silang yang dikirimkan oleh bintang timnas Malaysia, Safawi Rasid. Namun, Thailand akhirnya berhasil membalas lewat gol Pansa Hemviboon pada menit ke-90+5’.

Tak hanya itu saja, Corbin Ong juga sukses menuntaskan tugasnya dengan baik saat ditunjuk sebagai eksekutor adu penalti. Empat pemain Malaysia lainnya yang juga sukses mengeksekusi penalti.

Mereka adalah Dion Cools, Syafiq Ahmad, Matthew Davies, dan Declan Lambert. Adapun satu eksekusi penalti Thailand yang gagal ialah sepakan Supachok Sarachat.

Meskipun Corbin Ong sukses mencatatkan namanya sebagai pahlawan skuad Harimau Malaya pada laga ini, sebetulnya ia pernah menjadi sorotan ketika diobrak-abrik Saddil Ramdani.

Momen tersebut terjadi tepatnya ketika keduanya memperkuat klubnya masing-masing pada lanjutan Liga Super Malaysia 2022.

Saat itu, Saddil Ramdani yang memperkuat Sabah FC pada duel melawan Johor Darul Takzim. Saat menyisir di sisi sayap, dia beberapa kali membuat Corbin Ong kewalahan karena aksi-aksinya.

Sayangnya, ketika itu Sabah FC gagal mengamankan kemenangan karena tumbang 1-2 dari skuad Harimau Selatan, julukan Johor Darul Takzim.

Profil Corbin Ong

Pemain yang memiliki nama lengkap La’Vere Lawrence Corbin Ong ini merupakan pesepak bola naturalisasi yang tercatat lahir di London, Inggris, pada 22 April 1991.

Meski lahir di Negeri Ratu Elizabeth, Corbin Ong memiliki darah keturunan Malaysia dari ibunya. Dia tercatat lahir dari pasangan Lawrence Corbin dan Elizabeth Ong.

Saat masih berusia anak-anak, dia sempat menghabiskan waktunya di Kanada. Di negeri ini pula, Corbin Ong menimba ilmu sepak bola bersama sejumlah akademi, seperti Lynn Valley Sa dan Vancouver Whitecaps.

Saat memasuki jenjang kuliah, dia sempat bermain untuk Capilano Blues pada 2009-2010, lalu melanjutkan tahapnya ke level profesional bersama Vancouver Whitecaps pada 2010.

Setelah itu, Corbin Ong sempat bergeser ke Jerman untuk bermain bersama sejumlah klub seperti FC Pommern Greifswald, Berliner AK 07, dan FSV Frankfurt.

Dia bahkan pernah bermain di kasta kedua Liga Belanda bersama Go Ahead Eagles pada tahun 2017. Sayangnya, kariernya merosot karena mengalami cedera.

Baru pada akhir tahun 2017, dia mendapatkan tawaran dari Johor Darul Takzim, sekaligus mengubah statusnya sebagai warga negara Malaysia.

Dia tercatat melakukan debut bersama skuad Harimau Malaya pada 2019 ketika menghadapi Nepal. Padahal, sebelumnya dia sempat bermain untuk timnas Kanada pada laga uji coba melawan Skotlandia pada Maret 2017.

Namun, Corbin Ong tetap dianggap layak untuk memperkuat timnas Malaysia lantaran penampilannya bersama Kanada itu berlangsung di ajang persahabatan alias tidak resmi.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini