Bolaindonesia

Profil Rodney Goncalves, Pelatih Baru Barito Putera yang Pernah Latih Philippe Coutinho

Rodney Goncalves resmi menjadi pelatih baru Barito Putera

Irwan Febri Rialdi

Barito Putera boyong pelatih asal Brasil Rodney Goncalves. (Instagram/@psbaritoputeraoffial)
Barito Putera boyong pelatih asal Brasil Rodney Goncalves. (Instagram/@psbaritoputeraoffial)

Bolatimes.com - Barito Putera akhirnya menunjuk Rodney Goncalves sebagai pelatih baru untuk mengarungi sisa musim Liga 1 2022/23.

Sebelumnya Barito Putera memecat Dejan Antonic pada pertengahan Agustus. Barito sempat tanpa pelatih kepala selama 4 pertandingan Liga 1.

Kepastian Rodney Goncalves menjadi pelatih baru Barito diumumkan di akun Instagram klub Barito pada Kamis (29/9/2022).

Rodney Goncalves memiliki beban berat di Barito Putera. Dia harus mengangkat Laskar Antasari yang masih terjebak di zona merah.

Barito Putera menempati peringkat ke-17 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan empat poin dari sembilan pertandingan. Barito Putera tertinggal lima angka dari batas aman degradasi yang diduduki Bhayangkara FC di posisi ke-15.

Nama Rodney Goncalves sendiri mungkin masih asing buat pecinta sepak bola Tanah Air, namun dia punya pengalaman cukup mumpuni.

Seperti apa sepak terjangnya? Berikut ulasan profilnya!

Profil Rodney Goncalves

Pelatih berusia 43 tahun asal Brasil ini memegang lisensi UEFA Pro. Tercatat dia sudah mengawali kariernya sejak tahun 1999.

Dalam perjalanan kariernya, Rodney Goncalves pernah menjadi asisten pelatih Timnas Brasil U-17. Saat itu, sejumlah pemain-pemain bintang masa depan jadi anak asuhnya.

Di antaranya ada eka pemain Liverpool dan Barcelona yang kini bermain di Aston Villa, Philippe Coutinho.

Selain membesut timnas usia muda Brasil, Rodney Goncalves juga tercatat pernah menangani tim usia muda di Jamaika, El Salvador, dan Panama.

Sebelum direkrut oleh Barito Putera, Rodney Goncalves menjadi juru taktik Amazonas FC dari Januari hingga April 2022.

Amazonas FC sendiri adalah klub asal Brasil yang berkancah di Campeonato Brasileiro Serie C atau kasta ketiga di piramida sepak bola Brasil.

Selama 92 hari bekerja di klub ini, Rodney memimpin 11 pertandingan dengan rincian lima kali menang, tiga seri, dan tiga kekalahan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini