Bolaindonesia

Soal Jadwal Sandy Walsh dan Jordi Amat Jalani Sumpah WNI, Begini Penjelasan Menpora

Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat tinggal menunggu surat keputusan yang diterbitkan Presiden Joko Widodo kemudian melakukan sumpah WNI.

Rauhanda Riyantama

Sandy Walsh dan Jordi Amat pamer jersey Timnas Indonesia saat bertemu dengan Hasani Abdulgani. (Instagram/hasaniabdulgani)
Sandy Walsh dan Jordi Amat pamer jersey Timnas Indonesia saat bertemu dengan Hasani Abdulgani. (Instagram/hasaniabdulgani)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Wandy Walsh dan Jordi Amat selangkah lagi bakal menjadi WNI. Proses naturalisasinya tinggal menunggu surat keputusan yang diterbitkan Presiden Joko Widodo.

Setelah terbit, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan menjalani sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Nah, proses sumpah ini akan sedikit berbeda dengan naturalisasi sebelumnya.

Para pemain naturalisasi terdahulu seperti Stefano Lilipaly dan Marc Klok harus menjalani sumpah WNI tatap muka alias langsung di kantor wilayah Kemenkumham. Namun, Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa jalani sumpah WNI secara virtual.

Kendati demikian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali belum bisa memberikan keterangan waktu secara pasti kapan Walsh dan Amat bakal menjalani pengambilan sumpah WNI tersebut.

Menurut Menpora pihaknya masih menunggu surat menyurat resmi hasil Rapat Paripurna DPR RI untuk bisa melanjutkan proses naturalisasi kedua pemain ke Sekretariat Presiden.

"Tunggu dari DPR mengirim ke sini (Sekretariat Presiden -red). Mudah-mudahan hari ini kalau ada paripurna itu sudah salah satu yang disetujui tapi di Komisi III dan di Komisi X kan saya sudah arahkan. Sudah oke, enggak ada masalah," ujarnya, dilansir dari Antara.

Sementara itu, Menpora menjelaskan bahwa sumpah WNI secara virtual tetap sah dan dipilih setelah berkoordinasi langsung dengan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Edward Omar Sharief Hiariej.

"Saya sudah koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, dengan Pak Wamen, beliau sudah oke, karena mereka sedang main di luar negeri, ada yang di Eropa," katanya.

"Maka akan diambil sumpahnya oleh Kanwil Kemenkumham DKI secara virtual, itu juga sah," tambahnya.

Kemajuan proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat menjadi angin segar untuk Timnas Indonesia. Keduanya, yang dipastikan absen pada FIFA Matchday bulan September, diharapkan bisa memperkuat skuad Garuda di Piala AFF 2022 dan berbagai event penting setelahnya.

"Alhamdulillah proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal beberapa langkah lagi," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dilansir dari laman PSSI, Rabu (21/9/2022).

"Jordi dan Sandy merupakan pemain yang sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kami yakin mereka akan menambah kekuatan Timnas Indonesia," tegas Mochamad Iriawan atau biasa disapa Iwan Bule itu.

Berita Terkait

Berita Terkini