Bolaindonesia

Jeda Kompetisi, Bernardo Tavares Fokus Jaga Mentalitas Pemain PSM Makassar

"Kami hanya akan fokus pada mentalitas pemain," kata Bernardo.

Husna Rahmayunita

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok PSM Makassar)
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok PSM Makassar)

Bolatimes.com - Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares tak ingin mentalitas pemainnya menurun meski tengah jeda kompetisi Liga 1 2022/2023.

PSM Makassar tengah dalam tren yang bagus karena berhasil melewati sembilan laga tanpa kekalahan. Oleh karena itu, Bernardo akan fokus menjaga mentalitas pemainnya,

"Kami hanya akan fokus pada mentalitas pemain. Setelah pertandingan itu (vs Dewa United), saya pikir pemain sudah bahagia dan harus dipertahankan," jelas Bernardo, dikutip dari situs resmi Liga Indonesia, Rabu (21/9/2022).

Juru taktik asal Portugal itu menjelaskan, jeda kompetisi bisa turut mempengaruhi mentalitas anak asuhnya ketika tidak ada pertandingan kompetitif dalam waktu yang cukup lama.

Menurut Bernardo, saat ini pemain perlu fokus selama latihan agar mereka dapat menjaga stabilitas performa dan berusaha untuk meneruskan tren positif mereka.

Bernardo paham jika penampilan ciamik mereka suatu saat nanti akan berakhir dan ada waktunya skuad Juku Eja akan menelan kekalahan sehingga penjagaan serta penguatan mentalitas memiliki tujuan ke arah sana.

"Apa yang kami lakukan selama ini supaya bisa konsisten hanya fokus di dalam latihan. Selama pemain terus menunjukkan penampilan dan sikap seperti itu, saya pasti akan senang," ucap Bernardo.

"Pada akhirnya kami akan kalah. Entah itu di pertandingan selanjutnya atau di pertandingan terakhir. Mau apapun yang terjadi, pemain harus tetap fokus di latihan," pungkasnya.

Saat ini PSM Makassar berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan 21 poin dari sembilan pertandingan, berselisih dua poin dari Madura United di posisi puncak.

 PSM Makassar akan dijamu Persis Solo pada pekan ke-11 Liga 1 seusai jeda kompetisi di Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/9) mendatang.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini