Bolaindonesia

Daftar 6 Wasit Piala Dunia 2022 asal Asia, Salah Satunya Jebolan Liga Indonesia

Inilah enam wasit terbaik Asia yang memimpin di Piala Dunia 2022

Irwan Febri Rialdi

Wasit Iran, Alireza Faghani, memberikan kartu kuning untuk striker Timnas Prancis, Olivier Giroud, di Piala Dunia 2018. (Jewel Samad/AFP)
Wasit Iran, Alireza Faghani, memberikan kartu kuning untuk striker Timnas Prancis, Olivier Giroud, di Piala Dunia 2018. (Jewel Samad/AFP)

Bolatimes.com - FIFA akhirnya telah menentukan daftar nama wasit yang akan bertugas memimpin jalannya pertandingan di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Wasit-wasit yang mendapat penugasan dari FIFA in berasal dari seluruh konfederasi sepak bola, mulai dari AFC (Asia), UEFA (Eropa), CONMEBOL (Amerika Selatan), CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), OFC (Oseania), dan CAF (Afrika).

Menariknya, dari total 129 perangkat pertandingang ditunjuk FIFA untuk bertugas di Piala Dunia 2022 ini, wasit utama terbanyak berasal dari Eropa.

Sementara itu, untuk wasit asal Asia, FIFA menunjuk enam orang pengadil. Mereka adalah Chris Beath (Australia), Ma Ning (China), Alireza Faghani (Iran), Mohammed Abdulla Hassan Mohamed (Uni Emirat Arab), Abdulrahman Al-Jassim (Qatar), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).

Dari enam perangkat pertandingan tersebut, salah satu nama yang menarik ialah Alireza Faghani, wasit yang pernah bertugas di Liga 1.

Ketika itu, Alireza Faghani mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan Liga 1 2017 karena kebijakan yang dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Langkah ini diambil seusai melakukan evaluasi terhadap kinerja wasit lokal. Akhirnya, wasit-wasit asing ini mulai dipekerjakan Pada putaran kedua Liga 1,

Setidaknya, sudah ada enam pertandingan di kompetisi Liga 1 2017 yang dipimpin oleh Alireza Faghani. Laga pertamanya ialah memimpin duel antara Persib Bandung vs Bhayangkara FC.

Selanjutnya, ia bertugas di laga Persija Jakarta vs PS TNI, Persib Bandung vs Madura United, Persija Jakarta vs Semen Padang, Barito Putera vs Bali United, dan Persipura Jayapura vs Arema Chronus.

Dari total enam aksinya itu, wasit asal Iran ini telah mengeluarkan sebanyak 14 kartu kuning, satu kartu merah langsung, dan dua hukuman penalti.

Setelah hampir lima tahun dari tugasnya di Indonesia itu, Alireza Faghani akan menjadi salah satu di antara 129 perangkat pertandingan terbaik dari seluruh dunia yang bertugas di Piala Dunia 2022.

Dari 129 ofisial pertandingan itu, 36 di antaranya merupakan wasit utama yang dipilih dari 29 negara untuk memimpin 64 laga yang akan tersaji di Piala Dunia.

Jika dirinci lebih jauh, 129 orang tersebut terdiri dari 36 wasit utama, 69 asisten wasit, dan 24 wasit untuk memantau VAR.

Uniknya, dari beberapa ofisial itu terdapat ofisial wanita, yakni 3 wasit utama dan 3 asisten wasit. Kehadiran 6 ofisial wanita ini merupakan gebrakan tersendiri di Piala Dunia.

Berikut Daftar Wasit Asal Asia yang Bertugas di Piala Dunia 2022

- Chris Beath (Australia)

- Ma Ning (China)

- Alireza Faghani (Iran)

- Mohammed Abdulla Hassan Mohamed (Uni Emirat Arab)

- Abdulrahman Al-Jassim (Qatar)

- Yoshimi Yamashita (Jepang)

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini