Bolaindonesia

Profil Muhammad Fajriyan, Pivot Debutan Timnas Futsal Indonesia Pengganti Evanmovic

Mampukah Muhammad Fajriyan bersinar di Piala Futsal Asia 2022?

Irwan Febri Rialdi

Muhammad Fajriyan, pivot debutan Timnas Futsal Indonesia. (Instagram/@fajriyanelbajrie)
Muhammad Fajriyan, pivot debutan Timnas Futsal Indonesia. (Instagram/@fajriyanelbajrie)

Bolatimes.com - Salah satu nama pemain yang bakal menjadi pivot andalan timnas futsal Indonesia di Piala Futsal Asia 2022 ialah Muhammad Fajriyan.

Muhammad Fajriyan merupakan salah satu nama pivot yang dipanggil oleh pelatih timnas futsal Indonesia, Mohammed Hashemzadeh, untuk hadapi Piala Asia Futsal 2022.

Sebelumnya, nama Muhammad Fajriyan muncul Federasi Futsal Indonesia (FFI) mengumumkan daftar 14 nama pemain yang dibawa ke Piala Asia Futsal 2022.

"Berikut 14 pemain Timnas Futsal Indonesia akan segera bertolak menuju Kuwait untuk berlaga pada AFC Asian Futsal Cup 2022 yang akan berlangsung dari 25 September hingga 20 Oktober 2022 mendatang," tulis FFI di akun Twitter.

Munculnya nama Muhammad Fajriyan memang cukup mengejutkan. Sebab, dia akan menjadi pivot alias juru gedor timnas futsal Indonesia untuk menggantikan Evan Soumilena yang harus absen lantaran cedera.

Profil Muhammad Fajriyan

Pemain yang memiliki nama lengkap Muhammad Fajriyan Elbajrie ini merupakan atlet futsal yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. Di berasal di Desa Cikampek Barat, Kecamatan Cikampek, Karawang.

Untuk diketahui, Muhammad Fajriyan merupakan putra bungsu dari pasangan almarhum Machmud Chaerudin Salim dan Endah Titi Subekti.

Karier profesionalnya sudah bermula sejak tahun 2018. Ketika itu, Fajriyan mendapat kesempatan untuk memperkuat APK Samarinda. Ini menjadi klub profesional pertamanya di dunia futsal.

Setelah itu, karier futsal profesional Fajriyan berlanjut bersama sejumlah klub yang berbeda. Mulai dari FKM Lampung (2019) dan Bintang Timur Surabaya (2020-2021).

Muhammad Fajriyan juga sempat menjadi salah satu pemain andalan yang sukses membawa Jawa Barat meraih gelar juara di ajang FFI Futsal Championship 2017.

Salah satu kiprah menterengnya di dunia futsal ialah membantu tim futsal PON Jawa Barat meraih medali perak pada ajang yang berlangsung di PON XX Papua tersebut.

Selain mencatatkan kiprah bersama tim PON Jawa Barat, Muhammad Fajriyan juga saat ini berstatus sebagai pemain klub futsal yang berbasis di Bandung, yakni DB Asia.

Bersama klub tersebut, dia menjadi salah satu pemain dengan catatan gol cemerlang di ajang Pro Futsal League 2021. Sebab, Fajriyan sukses melesakkan total 14 gol selama semusim.

Kiprah yang mengejutkan di kompetisi profesional itulah yang tampaknya membuat pelatih timnas futsal Indonesia, Mohammed Hashemzadeh merasa terpikat untuk memboyong pivot ini.

Barangkali, absennya pemain bintang asal Black Steel Manokwari, Evan Soumilena, menjadi berkah tersendiri bagi Muhammad Fajriyan.

Sebab, karena itu dia bisa memperkuat skuad Merah Putih di ajang Piala Futsal Asia 2022. Nantinya, posisi pivot timnas futsal Indonesia juga akan dihuni oleh Samuel Eko Putra.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini