Bolaindonesia

Lolos Piala Asia, Ini 3 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Layak Berkarier di Luar Negeri

Jika melihat performa dan kontribusi di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, inilah pemain yang layak berkarier di luar negeri

Irwan Febri Rialdi

Muhammad Ferarri cetak gol saat Timnas Indonesia U-20 kalahkan Vietnam 3-2. (Dok: PSSI)
Muhammad Ferarri cetak gol saat Timnas Indonesia U-20 kalahkan Vietnam 3-2. (Dok: PSSI)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pemain andalan timnas Indonesia U-19 ketika berjuang di fase Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dinilai layak untuk melanjutkan kariernya di luar negeri.

Setidaknya, ada tiga nama pemain yang mencatatkan performa impresif bersama timnas Indonesia U-19 dan dianggap sebagai sosok penting di balik kelolosan skuad Garuda Muda ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Kiprah mentereng tersebut juga terbukti ketika timnas Indonesia U-19 mampu mengunci status juara Grup F dengan poin sempurna 9 dari tiga pertandingan. Sementara itu, Vietnam finis sebagai runner-up dengan 6 angka, hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah.

Posisi sebagai pemuncak klasemen akhir Grup F itu juga membuat Indonesia berhak lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-20 2023 yang akan dihelat di Uzbekistan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain timnas Indonesia U-19 yang layak berkarier di luar negeri.

1. Hokky Caraka

Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka usai membobol gawang Timor Leste. (Instagram/@pssi)
Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka usai membobol gawang Timor Leste. (Instagram/@pssi)

Striker andalan timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, menjadi nama pemain pertama yang dinilai layak untuk melanjutkan kariernya di luar negeri.

Striker asal Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini sukses memperlihatkan kemampuannya dalam menjebol gawang lawan di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebab, ketika menghadapi Timor Leste pada laga perdana, dia sukses mencatatkan hattrick untuk membawa Indonesia menang dengan skor 4-0.

Sayangnya, produktivitas gol striker PSS Sleman ini mengalami penurunan pada dua laga berikutnya. Namun, hal itu tak mengurangi catatan positif Hokky di skuad timnas Indonesia U-19.

2. Muhammad Ferrari

Kapten Timnas Indonesia U-19, Muhammad Ferrari, di Toulon Cup 2022. (Dok. PSSI)
Kapten Timnas Indonesia U-19, Muhammad Ferrari, di Toulon Cup 2022. (Dok. PSSI)

Selanjutnya, nama pemain muda timnas Indonesia U-19 yang juga dianggap layak untuk mendapat kesempatan berkarier di luar negeri ialah Muhammad Ferrari.

Pemain yang belakangan dipercaya Shin Tae-yong menjadi kapten ini memiliki sederet kualitas untuk menjadi sosok bek tangguh. Selain memiliki postur yang ideal, Ferrari juga mampu menjaga ketenangan dan bisa menjadi sosok pemimpin yang baik.

Hal itu terbukti ketika dirinya mencetak gol bunuh diri ketika menghadapi Vietnam di laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Bukannya terpuruk karena merasa bersalah, Ferrari justru sukses bangkit dan mencetak gol penyama kedudukan.

Di level klub, pemain berusia 19 tahun ini juga sering mendapat kepercayaan dari pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, untuk bermain di Liga 1 2022-2023. Dia bahkan sukses menyingkirkan senior-seniornya seperti Maman Abdurrahman hingga Ryuji Utomo.

3. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan cetak dua gol saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Hong Kong 5-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)
Marselino Ferdinan cetak dua gol saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Hong Kong 5-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Sudah tak perlu terbantahkan lagi bahwa Marselino Ferdinan adalah salah satu pemain bintang di skuad timnas Indonesia U-19 yang layak melanjutkan karier di luar negeri.

Selain itu, Marselino Ferdinan juga membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi salah satu pemain penting di skuad timnas Indonesia U-19 ketika mengarungi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebab, dia mampu muncul sebagai sosok pemecah kebuntuan di skuad asuhan Shin Tae-yong. Sejauh ini, Marsel yang dua kali turun sebagai pemain pengganti justru sukses melesakkan tiga gol.

Dengan jumlah gol tersebut, gelandang Persebaya Surabaya ini menjadi salah satu pemain dengan koleksi gol terbanyak di skuad timnas Indonesia U-19.

Di level klub, Marsel juga sukses mencuri hati pelatihnya, Aji Santoso. Ketika usianya belum genap 18 tahun, dia sudah sering diandalkan untuk mengisi lini tengah Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini