Bolaindonesia

Performa Labil, Apakah Ronaldo Kwateh Perlu Diistirahatkan dari Timnas Indonesia U-19?

Ronaldo Kwateh minim kontribusi di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Irwan Febri Rialdi

Ronaldo Kwateh dalam laga melawan Thailand di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)
Ronaldo Kwateh dalam laga melawan Thailand di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh, mendapat kritik tajam dari berbagai pihak terkait performanya yang mengecewakan.

Bahkan kritikan datang dari pengamat sepak bola kondang asal Indonesia, Kusnaeni atau akrab disapa Bung Kus. Dia menyarankan agar Ronaldo Kwateh diistirahatkan oleh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-19 sendiri berhasil menjadi juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan lolos otomatis ke putaran final tahun depan di Uzbekistan.

Namun, penampilan Ronaldo Kwateh jauh dari kata memuaskan dan minim kontribusi buat skuad Garuda Nusantara.

Terbukti, dari tiga laga yang dimainkan dalam ajang tersebut, Ronaldo sama sekali tidak menyumbang satu pun gol maupun assist.

Hal tersebut membuat netizen berkomentar bahwa pemain Madura United itu tidak berkembang. Menanggapi hal tersebut, Bung Kus juga sepakat kalau performa Ronaldo sedang alami penurunan kendati itu adalah hal wajar mengingat umurnya yang masih muda.

Dengan kondisi ini, ada baiknya jika Shin Tae-yong mengistirahatkan sejenak Ronaldo dari timnas. Terlebih, dia kini kerap mendapat kritik dari netizen.

Ya, tidak sedikit kritik bernada sindiran dan makian dilontarkan para netizen buat Ronaldo. Hal ini tidak akan baik untuk perkembangan Ronaldo, mengingat usianya masih sangat muda.

Akan lebih bijak jika Ronaldo Kwateh kembali ke Madura United dan berupaya mendapat menit bermain lebih banyak, karena di musim ini dia belum mendapat kesempatan bermain.

Madura United sendiri saat ini sedang tampil impresif dengan memimpin klasemen sementara. Ronaldo bisa banyak belajar dan mencari pengalaman dari pemain-pemain senior di Madura United.

Ada baiknya juga jika Ronaldo diistirahatkan setelah dirinya menjalani operasi hidung. Dia mengalami cedera hidung saat melawan Myanmar di Piala AFF U-19 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini