Bolaindonesia

Profil Zanadin Fariz, Wonderkid Persis Solo yang Mentereng di Timnas Indonesia U-19

Zanadin Fariz antar Timnas Indonesia U-19 menang lawan Hong Kong.

Husna Rahmayunita

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Zanadin Fariz (kanan) terjatuh dilanggar pesepak bola Tim Nasional Filipina U-19 Antoine Ortega (kiri) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww]
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Zanadin Fariz (kanan) terjatuh dilanggar pesepak bola Tim Nasional Filipina U-19 Antoine Ortega (kiri) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww]

Bolatimes.com - Zanadin Fariz berhasil mencatatkan namanya di papan skor saat Timnas Indonesia U-19 melibas Hong Kong pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Duel Grup F yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (14/9/2022) itu, Timnas Indonesia U-19 menang dengan skor 5-1.

Lima gol kemenangan skuad Garuda Nusantara dalam laga ini dicetak oleh Rabbani Tasnim pada menit sepuluh, Alfriyanto Nico (22'), Zanadin Fariz (42'), dan Marselino Ferdinan (86’ dan 90’).

Meski berhasil mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-20, Zanadin Fariz mengaku masih belum puas. Dia bertekad untuk tampil lebih baik lagi saat dibutuhkan pelatih Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Zanadin yang merupakan kreator serangan menjelaskan bagaimana kondisi di lapangan. Ia mengaku siap dimainkan alias diduetkan dengan siapapun di lapangan.

"Alhamdulillah bisa memberikan hasil yang terbaik pada laga ini, tapi saya masih harus belajar lagi buat kedepannya. Untuk gol pertama kali ini saya persembahkan untuk orang tua saya di rumah," kata Zanadin dalam konferensi pers usai pertandingan.

Di laga melawan Timor Leste, Zanadin yang masuk sebagai pemain pengganti diduetkan dengan Arkhan Fikir.

Sementara di laga melawan Hong Kong, pemain berusia 18 tahun itu dipasangkan bersama Arsa Ramadan Ahmad dan Marselino Ferdinan secara bergantian.

Lantas, siapa sebetulnya Zanadin Fariz ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Zanadin Fariz

Zanadin Fariz adalah pemuda kelahiran Bekasi, Jawa Barat, pada 31 Mei 2004. Dia berposisi sebagai gelandang serang atau gelandang tengah.

Sosok yang biasa dipanggil Ucil ini awalnya berlatih bersama sekolah sepak bola (SSB) Kalpataru. 

Setelah itu, Zanadin Fariz sempat menimba ilmu di Ragunan Soccer School. Bersama klub tersebut, Ucil terus mengikuti sejumlah kejuaraan level junior.

Mulai dari Piala Yon Zikon U-12 hingga Piala Seroja pada 2016. Lewat aksi impresifnya, Ucil sukses menyabet gelar sebagai Pemain Terbaik di dua kejuaraan tersebut.

Pada 2017, ia juga masih memperkuat Ragunan Soccer School saat tampil di ajang Liga Topskor U-13. Dari sana, bakatnya terus terasah dan dimatangkan.

Ucil sempat bergabung dengan tim junior Badak Lampung pada ajang Elite Pro Academy (EPA U-16 pada tahun 2019. Pada tahun yang sama, ia sempat dipanggil seleksi timnas Indonesia U-16.

Meskipun demikian, pemain yang kini berusia 18 tahun itu terus mengasah kemampuannya bersama Porkas Jaya di ajang Liga Topskor U-17.

Pada 2021, Zanadin kemudian bergabung dengan tim akademi Persis Solo. Bakatnya semakin terasah hingga akhirnya mendapat kesempatan tampil di Piala Presiden 2022.

Tampil impresif di Piala Presiden 2022, Zanadin Fariz melakoni debut di Liga 1 2022/23 pada Juli lalu melawan Dewa United. Dia kini sudah mencatatkan 6 penampilan di Liga 1.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini