Bolaindonesia

Profil Ramadhan Sananta, Striker 19 Tahun yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia Lawan Curacao

Tampil apik bersama PSM Makassar, Ramadhan Sananta dipanggil Shin Tae-yong di FIFA Matchday.

Rauhanda Riyantama

Penyerang muda PSM Makassar, Ramadhan Sananta. (Dok. PSM)
Penyerang muda PSM Makassar, Ramadhan Sananta. (Dok. PSM)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Ramadhan Sananta, penyerang muda milik PSM Makassar yang dipanggil Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia melawan Curacao.

Nama Ramadhan Sananta menjadi perbincangan usai dirinya dilaporkan dipanggil Shin Tae-yong untuk masuk dalam skuad Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Curacao.

Hal tersebut diketahui dari laman resmi klub berjuluk Juku Eja itu. Pemain berusia 19 tahun tersebut dipanggil ke Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong bersama Yakob Sayuri.

“Tim Nasional Indonesia Senior memanggil 2 pemain PSM Makassar yakni Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta untuk mengikuti pemusatan latihan sekaligus Fifa MatchDay melawan Curacao pada bulan September yang akan berlangsung di Indonesia,” bunyi pernyataan PSM Makassar.

Pemanggilan ini pun menjadi pemanggilan perdana bagi Ramadhan Sananta. Sebelumnya dirinya tak pernah dipanggil ke Timnas Indonesia.

Sedangkan bagi Yakob Sayuri, ini merupakan pemanggilan keduanya setelah sebelumnya sempat merasakan tangan dingin Shin Tae-yong pada 2021 lalu.

Panggilan membela Timnas Indonesia ini pun seakan menjadi bukti kerja keras Ramadhan Sananta di pentas Liga 1 2022/2023.

Sejauh ini, dirinya telah mencetak 3 gol bagi PSM Makassar di kancah Liga 1 2022/2023, di mana dua gol di antaranya dicetak ke gawang Persib Bandung.

Lantas, siapakah sosok Ramadhan Sananta itu? Dan bagaimana perjalanan kariernya hingga dipanggil ke Timnas Indonesia?

Profil Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta merupakan pemain muda yang berasal dari Daik, Kabupaten Lingga, sebuah pulau di Indonesia yang dekat dengan Singapura.

Ia sendiri lahir pada 27 November 2002. Diketahui, dirinya mengawali kiprah di sebuah sekolah sepak bola bernama Asian School Footballs pada 2019.

Setelahnya, Ramadhan Sananta meneruskan kiprahnya di PPLP Kepulauan Riau dan kemudian bergabung PS Harjuna Putra, sebuah tim asal Sumatera Utara.

Tak butuh waktu lama, bakatnya pun kemudian dilirik tim Liga 1, Persikabo 1973. Ia berhasil melakoni debutnya di pentas Liga 1 pada musim 2021-2022 pada 3 Februari 2022.

Selama membela Persikabo 1973, Ramadhan Sananta bermain sebanyak tampil sebanyak 4 kali di pentas Liga 1 2021-2022.

Kalah bersaing dengan penyerang Persikabo 1973 seperti Dimas Drajad, Ramadhan Sananta kemudian bergabung PSM Makassar.

Siapa sangka, di PSM Makassar dirinya beberapa kali menjadi andalan Bernardo Tavares. Tercatat ia menjadi andalan di Liga 1, Piala AFC dan Piala Presiden.

Total 10 penampilan telah dibuatnya bagi PSM Makassar musim ini, di mana Ramadhan Sananta telah mencetak 3 gol.

Semua gol itu dicetaknya di kancah Liga 1 2022-2023 dalam 6 penampilan saja bersama Juku Eja. Tak pelak, ia menjadi salah satu penyerang muda lokal yang mampu bersinar di Liga 1 musim ini.

Bukan tanpa alasan jika Shin Tae-yong yang gemar memainkan pemain muda, lantas memanggilnya ke Timnas Indonesia untuk melakoni FIFA Matchday kontra Curacao.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini