Firman Utina Rekomendasikan Satu Nama ke Shin Tae-yong Agar Diberi Kesempatan di Timnas Indonesia

Firman Utina yakin pemain yang direkomendasikannya bisa tampil apik jika diberi kesempatan.

Arif Budi Setyanto | BolaTimes.com
Senin, 12 September 2022 | 13:00 WIB
Firman Utina saat membela Timnas Indonesia. (Dok. AFC)

Firman Utina saat membela Timnas Indonesia. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mendapatkan saran dari legenda sepak bola tanah air. Nama bek kiri Persib Bandung, Zalnando direkomendasikan oleh Firman Utina agar diberi kesempatan bersama skuad Garuda.

Shin Tae-yong memang menyukai pemain muda untuk membela timnas Indonesia. Nyatanya ia sudah banyak memanggil darah muda dalam mengarungi beberapa turnamen seperti Piala AFF 2022, hingga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Hasilnya pun memuaskan karena meski menggunakan pemain muda, timnas Indonesia meraih runner up di Piala AFF 2020 lalu. Hebatnya lagi ketika Kualifikasi Piala Asia 2023, tim Merah Putih berhasil lolos.

Baca Juga: Insiden Pelanggaran Keras di Laga Arema FC vs Persib Bandung, Achmad Figo Minta Maaf ke Erwin Ramdani

Mengetahui Shin Tae-yon kerap memanggil pemain muda, Firman Utina lantas memberikan rekomendasi pemain. Ia adalah Zalnando yang kini berseragam Persib Bandung.

Nah, Firman Utina dan Zalnando memeng pernah merumput bersama di Sriwijaya FC. Legenda sepak bola Indonesia itu  kagum dengan pemain berusia 25 tahun ini.

Bahkan Zalnando masuk sebagai pemain yang masuk dalam Best Eleven Firman Utina. Itu menandakan bahwa ayah Rayhan Utina tak meragukan skill yang dimiliki bek kiri Persib.

Baca Juga: Persib Bandung Taklukkan Arema FC, Robert Alberts Tulis Dua Kata

Zalnando saat melakoni sesi latihan bersama Persib Bandung. (Dok. Persib).
Zalnando saat melakoni sesi latihan bersama Persib Bandung. (Dok. Persib).

"Saya tidak mengesampingkan seniornya dengan Zalnando. Saya pernah (main) dengan anak ini di Sriwijaya dulu. Waktu saya senior, saya bilang kalau anak ini dapat menit bermain sangat bagus," ucapnya dikutip dari akun YouTube Sports 77 yang tayang pada Sabtu (9/9/2022).

"Dia bisa tampil di tim nasional, mungkin belum tewujud saat ini. Dia adalah bek apik bagi timnas jika diberikan kesempatan," imbuhya.

Adapun kini persaingan bek kiri di timnas Indonesia memang sangat ketat. Shin Tae-yong lebih sering memanggil Pratama Arhan untuk tampil. Belum lagi bakal ada naturalisasi pemain keturunan, Shayne Pattynama yang juga posisi bek kiri.

Baca Juga: Hasil Liga 2: Kalahkan Persiba Balikpapan, Putra Delta Sidoarjo Kembali ke Papan Atas

Sementara itu, di Persib Bandung Zalnando kini juga harus bersaing dengan pemain asing lainnya Daisuke Sato. Ini tentu menjadi tantangan baginya jika ingin dipanggil ke timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak