Piala Malaysia Mampu Bergulir Meski Tak Ada Sponsor, PSSI Masa Kalah?

Dari segi pengelolaan kompetisi saja sudah kalah, bagaimana tim nasionalnya mau bersaing?

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 30 Agustus 2022 | 10:15 WIB
Kuala Lumpur City FC berhasil menjegal Johor Darul Takzim (JDT) pada partai final Piala Malaysia 2021. (Dok. KL City FC)

Kuala Lumpur City FC berhasil menjegal Johor Darul Takzim (JDT) pada partai final Piala Malaysia 2021. (Dok. KL City FC)

Bolatimes.com - PSSI selaku federasi sepak bola seluruh indonesia, sejak jadi sorotan. Pasalnya, pihak federasi mengonfirmasi tidak akan menggelar Piala Indonesia di musim 2022/23.

Ya, PSSI resmi membatalkan bergulirnya Piala Indonesia 2022 yang rencananya digelar Agustus ini. Sejumlah faktor jadi penyebab kompetisi yang diikuti klub dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Terakhir Piala Indonesia digelar pada 2018/2019. Ketika itu, PSM Makassar keluar sebagai juara usai menundukkan Persija Jakarta di final.

Setelah itu, turnamen yang sebelumnya bernama Copa Indonesia ini tak digelar. Salah satu penyebabnya adalah pandemi Covid-19. 

“Kelihatannya kemungkinan besar enggak digulirkan (Piala Indonesia). Karena waktu, padatnya jadwal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada awak media, Minggu (29/8/2022).

Hal lain yang jadi penyebab tidak jadi bergulirnya Piala Indonesia musim ini adalah ketiadaan sponsor. Faktor ini disebut Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, jadi alasan kuat.

"Yang terpenting sponsor. Sponsor mungkin situasi selesai Covid. Mungkin tahun depan Insya Allah. Kemungkinan besar fiks enggak digelar,” jelasnya.

Saat ini PSSI lebih fokus menjalankan Liga 1 sampai Liga 3. Selain itu, nantinya juga akan ada kompetisi kelompok umur hingga putri.

Keputusan PSSI untuk tidak menggelar Piala Indoensia ini jadi sorotan. Akub Instagram @Asean.football, bahkan membandingkan dengan negara tetangga, Malaysia.

Disebutkan bahwa Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang tidak menggelar piala domestik.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) disebut punya kendala yang sama: tidak ada sponsor, tetapi FAM dikatakan masih tetap menggelar Piala Malaysia musim ini.

Kompetisi sepak bola di Malaysia sendiri beberapa waktu belakang memang sedang diterpa isu sponsor. Kompetisi kasta tertinggi mereka, Liga Super Malaysia, ditinggal sponsor.

Meski begitu, FAM kembali berhasil mendapatkan sponsor dan akhirnya kompetisi tetap bergulir. Adapun, kompetisi domestik macam Piala Malaysia dinilai bisa menjadi wadah untuk bersaing dan memotivasi pemain hingga tim di semua kasta untuk menunjukkan kemampuan.

Piala FA Malaysia merupakan salah satu ajang mayor di Negeri Jiran. Biasanya, juara turnamen tersebut diizinkan tampil di AFC Cup atau kompetisi antarklub level dua di Asia.

Juara Piala FA Malaysia 2021, Kuala Lumpur City, bahkan lolos ke semifinal antarzona AFC Cup 2022 atau bisa dibilang lolos ke perempatfinal.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak