Bolaindonesia

Profil Frendi Saputra, Si Pelempar Ajaib yang Jadi Andalan PSIS Semarang di Liga 1 2022

Frendi Saputra menjadi sorotan karena kemampuannya dalam melakukan lemparan ke dalam.

Rauhanda Riyantama

Pemain PSIS Semarang, Frendi Saputra. (Instagram/frendisaputra72)
Pemain PSIS Semarang, Frendi Saputra. (Instagram/frendisaputra72)

Bolatimes.com - PSIS Semarang memiliki satu senjata andalan di Liga 1 2022-2023, yakni melalui skema lemparan ke dalam. Salah satu pemain yang punya kemampuan ini ialah Frendi Saputra.

Aksi lemparan ajaib yang dilakukan oleh Frendi Saputra kembali muncul ketika PSIS Semarang berhasil menggulingkan Persik Kediri pada laga pekan kelima Liga 1 2022-2023.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (18/8/2022) itu, Frendi Saputra sukses melakukan lemparan ke dalam yang membuahkan gol.

Momen ini tepatnya terjadi pada menit ke-57. Lemparan ke dalam yang dilakukan Frendi Saputra dari sisi kiri sukses disambut dengan baik oleh Jonathan Cantillana.

Sebetulnya, percobaan pertama yang dilesakkan Cantillana sempat dihalau kiper Persik, Kartika Ajie. Namun, bola mental sukses disambar hingga mengoyak jala gawang lawan.

Gol yang dicetak Jonathan Cantillana ini sekaligus membawa skuad Mahesa Jenar unggul 2-1 atas Persik Kediri dan kedudukan ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

Kemampuan melakukan lemparan jauh Frendi Saputra ini turut menambah panjang daftar pelempar ajaib yang dimiliki oleh PSIS Semarang.

Selain Frendi Saputra, ada Alfeandra Dewangga yang punya kemampuan serupa. Sebelumnya, PSIS juga mempunyai nama Pratama Arhan yang sanggup melakukan lemparan roket.

Profil Frendi Saputra

Frendi Saputra merupakan pesepak bola yang sudah malang melintang di dunia kulit bundar Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Pemain berusia 30 tahun ini tercatat lahir di Lampung, pada 27 Januari 1992. Karier sepak bolanya bermula bersama Lampung FC, yakni mulai tahun 2012 hingga 2013.

Pada awal tahun 2014, Frendi Saputra sempat meninggalkan Lampung FC untuk bergabung klub tetangga, yakni PS Bengkulu. Di sana, dia bermain selama tahun 2014-2015.

Frendi kemudian mendapat tawaran dari Perserang Serang pada awal tahun 2016. Ia pun memutuskan untuk meninggalkan PS Bengkulu demi mendapatkan tantangan baru.

Baru pada tahun 2018, Frendi Saputra mendapat kesempatannya untuk mencatatkan kiprah di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia ketika direkrut oleh PSIS Semarang.

Saat itu, PSIS berstatus sebagai tim promosi. Debut Frendi Saputra pun tercipta ketika Mahesa Jenar menghadapi PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta pad 25 Maret 2018.

Sejak saat itu, Frendi Saputra selalu menjadi pemain penting di skuad PSIS Semarang. Sebab, sampai saat ini dia sudah mencatatkan 68 pertandingan bersama Mahesa Jenar di Liga 1.

Pada awal musim ini, Frendi Saputra juga menjadi sosok penting di skuad asuhan Sergio Alexandre. Itu terbukti dengan lima penampilannya di awal musim Liga 1 2022-2023.

Dengan kata lain, Frendi selalu bermain dari lima laga awal PSIS. Dari semua penampilannya itu, ia sudah menyumbangkan total dua assist.

Tak hanya itu saja, musim ini Frendi juga mendapat kepercayaan dari tim pelatih untuk menjadi kapten. Setidaknya, ban kapten itu melingkar di lengannya pada tiga laga, yakni menghadapi Arema FC, Barito Putera, dan Persib Bandung.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini