Profil Divaldo Alves, Pelatih Asing 'Era Lama' yang Dirumorkan Gantikan Javier Roca di Persik Kediri

Divaldo Alves sudah tidak asing lagi dengan Liga Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Divaldo Alves saat menjadi pelatih Persebaya Surabaya. (Dok. Antaranews)

Divaldo Alves saat menjadi pelatih Persebaya Surabaya. (Dok. Antaranews)

Bolatimes.com - Nama Divaldo Alves disinyalir menjadi salah satu kandidat pelatih baru Persik Kediri di Liga 1 2022/23.

Saat ini kursi pelatih Persik memang sedang kosong setelah Javier Roca memutuskan hengkang setelah hanya 4 pekan liga berjalan.

Rentetan hasil buruk menjadi alasan Roca mengundurkan diri dari Persik. Dari empat laga, Persik menelan 3 kekalahan dan sekali imbang.

Baca Juga: Profil Mia Monaghan, Pacar YouTuber Inggris Terkenal yang Di-DM Trent Alexander Arnold

Hasil buruk ini bikin Persik sekarang menghuni peringkat ke-17 klasemen sementara dengan hanya mengoleksi 1 poin. Kondisi yang tak ideal mengingat kiprah Persik di Liga 1 musim lalu yang cukup apik.

Persik kini sedang bergerak cepat mencari pelatih pengganti dalam diri Divaldo Alves. Pelatih asal Portugal ini sendiri punya pengalaman melatih di Indonesia.

Lantas, siapa sebetulnya Divaldo Alves ini? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 5 Bintang Timnas yang Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Luar Negeri, Tiga di Eropa

Profil Divaldo Alves

Sosok dengan nama lengkap Divaldo Da Silva Teixeira Alves ini lahir di Luanda, Angola, pada 12 Agustus 1978. Dia punya banyak pengalaman di Eropa sebagai pelatih.

Tercatat, Alves pernah menjadi pelatih di akademi raksasa Portugal, Benfica. Dia juga sempat menjadi pemandu bakat di klub tersebut.

Baca Juga: Belum Terpecahkan, Berikut 3 Pesepak Bola yang Pernah Tampil di 5 Edisi Piala Dunia

Setelah banyak melatih klub di Portugal, karier Divaldo Alves di Indonesia dimulai pada 2009. Dia menjadi asisten pelatih di PSMS Medan dan membawa PSMS lolos ke perempat final Piala AFC dan semifinal Copa Indonesia.

Setelah dari PSMS, Divaldo Alves melanjutkan karier dengan melatih Minangkabau atau PSP Padang dan sempat melatih Persijap Jepara.

Sukses besar Divaldo Alves sebagai pelatih di Indonesia datang saat menukangi Persebaya 1927. Dia membawa Persebaya finis di peringkat kedua Indonesia Premier League (IPL) 2011/12.

Baca Juga: Lawan PSIS Semarang, Persik Kediri Janji Tampil Maksimal demi Raih Poin Penuh

Dia memegang rekor di IPL sebagai pelatih yang bisa membawa tim tak terkalahkan dalam 10 laga beruntun dengan rincian 8 kali menang dan 2 kali imbang.

Setelah dari Persebaya, Divaldo Alves menyeberang ke Malaysia pada awal tahun 2013 untuk menjadi pelatih Negeri Sembilan FC. Kebersamaannya di sana tak lama karena mengundurkan diri pada Mei 2013.

Divaldo Alves kemudian masih berkarier di Malaysia, namun menjadi Penasihat Teknik dari Perak FC. Dia lalu menjabat sebagai pelatih di Perak pada September 2014.

Perjalanan Divaldo Alves sempat berlanjut ke Eropa dengan menjadi staf di klub Lithuania, Kruoja Pakruojis. Dia lalu pergi ke Timur Tengah untuk melatih klub asal Oman, Muscat Club, pada 2015.

Tiga tahun lamanya Divaldo Alves melatih di sana lalu sempat vakum selama setahun. Klub terakhir yang ditukangi oleh Divaldo Alves adalah klub asal Kenya, Sofapaka FC.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak