Bolaindonesia

Profil Divaldo Alves, Pelatih Asing 'Era Lama' yang Dirumorkan Gantikan Javier Roca di Persik Kediri

Divaldo Alves sudah tidak asing lagi dengan Liga Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Divaldo Alves saat menjadi pelatih Persebaya Surabaya. (Dok. Antaranews)
Divaldo Alves saat menjadi pelatih Persebaya Surabaya. (Dok. Antaranews)

Bolatimes.com - Nama Divaldo Alves disinyalir menjadi salah satu kandidat pelatih baru Persik Kediri di Liga 1 2022/23.

Saat ini kursi pelatih Persik memang sedang kosong setelah Javier Roca memutuskan hengkang setelah hanya 4 pekan liga berjalan.

Rentetan hasil buruk menjadi alasan Roca mengundurkan diri dari Persik. Dari empat laga, Persik menelan 3 kekalahan dan sekali imbang.

Hasil buruk ini bikin Persik sekarang menghuni peringkat ke-17 klasemen sementara dengan hanya mengoleksi 1 poin. Kondisi yang tak ideal mengingat kiprah Persik di Liga 1 musim lalu yang cukup apik.

Persik kini sedang bergerak cepat mencari pelatih pengganti dalam diri Divaldo Alves. Pelatih asal Portugal ini sendiri punya pengalaman melatih di Indonesia.

Lantas, siapa sebetulnya Divaldo Alves ini? Berikut ulasannya!

Profil Divaldo Alves

Sosok dengan nama lengkap Divaldo Da Silva Teixeira Alves ini lahir di Luanda, Angola, pada 12 Agustus 1978. Dia punya banyak pengalaman di Eropa sebagai pelatih.

Tercatat, Alves pernah menjadi pelatih di akademi raksasa Portugal, Benfica. Dia juga sempat menjadi pemandu bakat di klub tersebut.

Setelah banyak melatih klub di Portugal, karier Divaldo Alves di Indonesia dimulai pada 2009. Dia menjadi asisten pelatih di PSMS Medan dan membawa PSMS lolos ke perempat final Piala AFC dan semifinal Copa Indonesia.

Setelah dari PSMS, Divaldo Alves melanjutkan karier dengan melatih Minangkabau atau PSP Padang dan sempat melatih Persijap Jepara.

Sukses besar Divaldo Alves sebagai pelatih di Indonesia datang saat menukangi Persebaya 1927. Dia membawa Persebaya finis di peringkat kedua Indonesia Premier League (IPL) 2011/12.

Dia memegang rekor di IPL sebagai pelatih yang bisa membawa tim tak terkalahkan dalam 10 laga beruntun dengan rincian 8 kali menang dan 2 kali imbang.

Setelah dari Persebaya, Divaldo Alves menyeberang ke Malaysia pada awal tahun 2013 untuk menjadi pelatih Negeri Sembilan FC. Kebersamaannya di sana tak lama karena mengundurkan diri pada Mei 2013.

Divaldo Alves kemudian masih berkarier di Malaysia, namun menjadi Penasihat Teknik dari Perak FC. Dia lalu menjabat sebagai pelatih di Perak pada September 2014.

Perjalanan Divaldo Alves sempat berlanjut ke Eropa dengan menjadi staf di klub Lithuania, Kruoja Pakruojis. Dia lalu pergi ke Timur Tengah untuk melatih klub asal Oman, Muscat Club, pada 2015.

Tiga tahun lamanya Divaldo Alves melatih di sana lalu sempat vakum selama setahun. Klub terakhir yang ditukangi oleh Divaldo Alves adalah klub asal Kenya, Sofapaka FC.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini