Bolaindonesia

Jiwa TNI, Momen Abduh Lestaluhu 'Bakar' Emosi Bench Timnas Thailand di Final Piala AFF 2016

Abduh Lestaluhu sempat menunjukkan mentalnya di kandang lawan saat final Piala AFF 2016

Irwan Febri Rialdi

Abduh Lestaluhu di Piala AFF 2016. (Bay Ismoyo/AFP)
Abduh Lestaluhu di Piala AFF 2016. (Bay Ismoyo/AFP)

Bolatimes.com - Abduh Lestaluhu adalah salah satu pesepak bola aktif di Indonesia yang juga merupakan seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dengan profesi sebagai anggota militer dan seorang pesepak bola, Lestaluhu bisa memberi bakti atau pengabdian buat Indonesia dengan membela Timnas Indonesia.

Kebetulan, Abduh Lestaluhu juga merupakan mantan pemain Timnas Indonesia. Salah satu event yang pernah diikuti oleh Abduh adalah Piala AFF 2016.

Nah, saat itu sepak bola Indonesia baru saja kembali bergairah usai dihukum FIFA akibat dualisme federasi.

Timnas Indonesia sendiri berhasil meloloskan diri hingga ke partai final dan bertemu Thailand, salah satu musuh bebuyutan Indonesia.

Terjadi kontroversi yang membuat murka kubu Thailand karena tingkah dari Abduh Lestaluhu. Bahkan perbuatannya sampai memancing keributan.

Insiden ini bermula dari lemparan ke dalam bagi skuad Merah Putih yang terjadi di menit-menit akhir pertandingan. Saat itu, Indonesia sedang mengejar satu gol tandang.

Saat Abduh hendak melakukan lemparan ke dalam, pemain cadangan Thailand nampak mengulur-ulur waktu dengan menahan bola yang akan diambil oleh pemain Persis Solo ini.

Merasa dipermainkan oleh kubu Thailand, emosi Abduh terpancing dan membalikkan badan ke arah wasit untuk memprotes sikap pemain lawan.

Tak lama dari itu, bola kemudian diberikan oleh ofisial Thailand, namun Abduh yang sudah terpancing emosinya justru menendang bola dengan keras ke arah bangku cadangan Thailand.

Sontak perbuatan Abduh ini membuat bench Gajah Perang berang dan mencoba menghampiri bek berusia 28 tahun tersebut.

Abduh tak gentar, dia nampak tidak mundur dan seolah menerima tantangan dari para pemain dan ofisial Thailand. Beruntung kejadian itu bisa dilerai.

Hanya saja, sikap Abduh Lestaluhu ini berujung dengan kartu merah yang diberikan oleh wasit Moh Abdullah Hassan Mohammed.

Saat itu Abduh Lestaluhu menjelaskan bahwa dirinya terpancing emosi dan merasa dipermainkan oleh pemain Thailand. Dia pun mengaku menyesal dengan perbuatannya saat itu.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini