Bolaindonesia

Profil Malaysia, Lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Pernah Tembus Perempatfinal

Timnas Indonesia U-16 satu grup dengan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2022

Irwan Febri Rialdi

Timnas Malaysia U-16 di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@fam_malaysia)
Timnas Malaysia U-16 di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@fam_malaysia)

Bolatimes.com - Malaysia akan menjadi salah satu calon lawan Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia -17 2023 mendatang.

Skuad Garuda Muda tergabung di Grup B bersama dengan rival serumpun Malaysia, dua kekuatan Timur Tengah, Palestina dan Uni Emirat Arab (UEA) serta negara kecil dari samudra pasifik, Guam.

Fase kualifikasi ini terbagi ke dalam sepuluh grup dengan juara dari masing-masing grup serta lima runner-up terbaik berhak melaju ke putaran final yang akan diadakan di Bahrain tahun depan.

Nah, Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah dari seluruh pertandingan di Grup B. Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri.

Malaysia tentunya bukan lawan yang asing buat Indonesia karena sudah sering bertemu. Terlebih kedua tim juga sama-sama baru saja bertanding di Piala AFF U-16 2022.

Adapun, Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara usai mengalahkan Vietnam 1-0 di laga final. Ini menjadi gelar kedua buat Timnas Indonesia U-16.

Sementara itu, Malaysia harus gigit jari setelah gagal lolos ke fase gugur. Ya, Malaysia terhenti di fase penyisihan grup usai menempati peringkat kedua Grup C.

Malaysia yang mengoleksi 5 poin, gagal bersaing dengan Vietnam U-16 yang lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 lewat jalur runner-up terbaik.

Timnas Malaysia U-16 tentunya ingin bangkit di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Pada Piala Asia U-16 2018 lalu, Malaysia sendiri bertindak sebagai tuan rumah yang digelar dari 20 September hingga 7 Oktober 2018.

Adapun, sepanjang sejarah kompetisi ini, Malaysia sudah 5 kali tampil di Piala Asia U-16. Hasil terbaik mereka adalah perempat final di edisi 2014.

Untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 mendatang, besar kemungkinan Malaysia akan membawa mayoritas pemain-pemain dari Piala AFF U-16 2022.

Untuk pelatih, Timnas Malaysia U-16 besar kemungkinan juga akan tetap dilatih oleh Osmera Omaro yang merupakan mantan pelatih kepala Akademi Mokhtar Dahari.

Dari 28 nama pemain yang dipanggil di Piala AFF lalu, terdapat satu nama yang disebut-sebut pemain yang namanya Jawa banget. Sosok itu adalah Mulia Hairi bin Muliasugeharto.

Diketahui, 28 pemain itu terdiri dari 24 pemain jebolan Akademi Mokhtar Dahari yang merupakan akademi tempat Osmera Omaro melatih. Sedangkan empat pemain lainnya berasal dari akademi milik raksasa sepak bola Malaysia, Akademi Johor Darul Ta’zim.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini