Bolaindonesia

Timnasnya Dikalahkan Timnas Indonesia U-16, Media Vietnam Anggap Final Piala AFF Berkesan

Vietnam disebut dapat pelajaran berharga.

Husna Rahmayunita

Selebrasi Muhammad Kafiatur usai cetak gol saat Timnas Indonesia U-16 kalahkan Vietnam 1-0 di final Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)
Selebrasi Muhammad Kafiatur usai cetak gol saat Timnas Indonesia U-16 kalahkan Vietnam 1-0 di final Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam menilai final Piala AFF U-16 2022 mengesankan meski timnas mereka dikalahkan oleh tuan rumah Indonesia.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam, Vietnam kalah 0-1 dari Timnas Indonesia U-16.

Hasil ini mengubur mimpi skuad The Golden Star Warriors merebut gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Meski begitu, media Vietnam menyebut pertandingan semalam memberikan banyak pelajaran sebagai bekal untuk mengarungi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

"Final yang berkesa dan akan menjadi pelajaran berharga bagi Vietnam untuk merebut tiket turnamen Asia," tulis Soha.vn dalam artikelnya, Sabtu (13/8).

Pada laga semalam, Vietnam U-6 disebut bertanding dalam suasana tertekan di hadapan 30 ribu suporter Indonesia yang memadati Stadion Maguwoharjo.

"Suasana tribun penonton di Indonesia 'sangat panas'. Hal itu memberokan banyak tekanan pada pemain Vietnam," sambungnya.

Soha.vn menyebut tampil di bawah tekanan tidak mudah, bahkan untuk timnas yang lebih senior seperti U-19 dan U-23.

Sebelum pertandingan, Timnas Vietnam U-16 juga disebut sudah mendapatkan dukungan psikologis dari ketua delegasi untuk bisa fokus melakoni laga.

Tapi sayangnya, Vietnam harus mengakui keunggulan Nabil Asyura dan kawan-kawan. Vietnam gagal jadi juara setelah kalah 0-1.

"Di final harus diakui Timnas Indonesia U-16 bermain bagus. Mereka mengikuti arahan taktis dari pelatih Bima Sakti dengan baik dengan gaya menyerang yang mengesankan. Dengan sorak-sorai lebih dari 30.000 penonton, para pemain Indonesia bermain dengan penuh semangat," tulisnya.

Terlepas dari itu, Vietnam dianggap bisa mengimbangi Timnas U-16 meski main di bawah tekanan. Karenanya, media setempat tetap mengapresiasi timnasnya.

"Meski hanya meraih runner-up, final melawan Indonesia di bawah tekanan fans tuan rumah bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna agar Vietnam U-16 bisa menempa keberanian dan menjadi lebih dewasa," pungkas Soha.vn.

Berita Terkait

Berita Terkini