Bolaindonesia

3 Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Layak Promosi ke U-19, Salah Satunya Pemain Terbaik

Shin Tae-yong hobi mengorbitkan pemain muda. Bukan tidak mungkin ada pemain Timnas Indonesia U-16 yang bakal dipromosikan

Irwan Febri Rialdi

Bek sekaligus kapten Timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge. (Dok. PSSI)
Bek sekaligus kapten Timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut 3 pemain Timnas Indonesia U-16 yang dinilai layak untuk promosi ke tim U-19 yang tengah mempersiapkan diri untuk menyambut Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-16 belum lama ini mencetak prestasi membanggakan dengan meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Keberhasilan ini didapat usai anak asuh Bima Sakti itu berhasil mengandaskan perlawanan Vietnam di final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8).

Dalam duel di partai puncak itu, satu gol dari Muhammad Kafiatur Rizky sudah cukup untuk membawa Timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara keduanya di ajang ini.

Sebelum menjuarai Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 pernah meraih gelar juara di edisi 2018 yang juga berlangsung di Tanah Air.

Keberhasilan menjuarai Piala AFF U-16 2022 ini kemudian membuat beberapa nama penggawa Timnas Indonesia U-16 melonjak drastis.

Bahkan beberapa di antaranya disebut-sebut layak untuk promosi ke Timnas Indonesia U-19 yang tengah bersiap menyambut Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Beberapa penggawa Timnas Indonesia U-16 ini disebut bisa menjadi opsi yang layak dicoba untuk tim U-19 arahan Shin Tae-yong.

Kira-kira, siapa saja para penggawa Timnas U-16 yang layak promosi ke tim U-19? Berikut daftarnya.

1. Nabil Asyura

Nama Nabil Asyura muncul sebagai salah satu pemain Timnas Indonesia U-16 yang layak dipromosikan ke tim U-19.

Hal ini tak lepas dari ketajamannya sepanjang turnamen, yang berhasil mencetak 4 gol dan bertengger di posisi puncak pencetak gol terbanyak Piala AFF U-16 2022.

Ketajamannya Nabil Asyura pun sudah diperlihatkan sepanjang Piala AFF U-16 2022. Di usia yang masih belia, ia seakan menjawab tantangan Shin Tae-yong yang kesulita menemukan penyerang tajam untuk tim U-19.

2. Muhammad Iqbal Gwijangge

Kapten Timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge, diyakini juga layak promosi, meski posisi bek di tim U-19 penuh dan punya kualitas mumpuni.

Pemain terbaik Piala AFF U-16 2022 ini punya kepemimpinan dan terbilang lugas dalam bertahan. Selain itu, Iqbal Gwijangge andal dalam mengorganisir penyerangan dari lini belakang.

Kemampuannya tersebut pun membuatnya layak dijajal oleh Shin Tae-yong untuk tim U-19. Apalagi gaya bermainnya itu cocok dengan filosofi yang diterapkan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

3. Kafiatur Rizky

Nama Kafiatur Rizky menjadi salah satu nama yang bisa dipertimbangkan untuk promosi ke tim U-19, usai tampil apik di Piala AFF U-16 2022.

Kafiatur Rizky merupakan gelandang yang aktif menyerang dan juga rajin mencetak gol. Selain itu, ia dikenal punya kreativitas, sehingga bisa menjadi pelapis Marselino Ferdinan di tim U-19.

Tak hanya itu, Kafiatur Rizky punya postur mumpuni di usia 16 tahun, dengan tinggi kurang lebih 172 cm. Postur tubuhnya itu pun masuk dalam kriteria Shin Tae-yong yang kerap mengandalkan pemain dengan fisik yang mumpuni.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini