Bolaindonesia

3 Legenda yang Bisa Ditunjuk Jadi Pelatih Persib Bandung, Salah Satunya Asisten Shin Tae-yong

Persib Bandung belum memiliki pelatih baru pasca berpisah dengan Robert Alberts

Irwan Febri Rialdi

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021. ANTARA/HO-PSSI
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021. ANTARA/HO-PSSI

Bolatimes.com - Sejumlah nama pemain legendaris Persib Bandung muncul ke permukaan seiring kosongnya kursi pelatih yang ditinggalkan Robert Rene Alberts.

Nama-nama legenda Persib Bandung ini diyakini bisa menjadi pengganti yang tepat di kursi pelatih kepala. Untuk saat ini, tampuk pelatih kepala masih diberikan kepada Budiman Yunus selaku pelatih sementara.

Yang terbaru, Persib Bandung dan Robert Rene Alberts resmi mengakhiri kerja sama. Pengumuman ini sudah disampaikan secara resmi oleh pihak klub pada Rabu (10/8/2022).

Dengan demikian, setelah tiga musim menjalin kerja sama, Robert Rene Alberts belum berhasil mempersembahkan satu pun gelar juara untuk Persib Bandung.

Dari pernyataan resmi pihak klub, pengakhiran hubungan kerja sama ini diambil karena Persib Bandung gagal mencatatkan awal yang impresif di Liga 1 2022-2023.

Persib Bandung hanya sanggup meraih satu poin dari tiga pertandingan awalnya. Robert pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya karena merasa bertanggung jawab atas performa buruk tersebut.

Setidaknya, ada tiga nama legenda yang berstatus sebagai mantan pemain Persib Bandung yang telah menjajaki kariernya di dunia kepelatihan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama legenda Persib Bandung yang bisa ditunjuk sebagai pelatih yang gantikan Robert Rebe Alberts.

1. Vladimir Vujovic

Mantan pemain Persib Bandung yang kini sudah memasuki jenjang karier di dunia kepelatihan ialah Vladimir Vujovic, bek asal Montenegro.

Lelaki yang akrab disapa Vlado ini memiliki jasa besar dalam mengantarkan Persib Bandung menjuarai ajang Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.

Seusai meninggalkan Persib pada 2017, tak lama kemudian Vlado memutuskan untuk pensiun. Dia lalu melanjutkan kariernya sebagai pelatih Bogor FC dan PSIM Yogyakarta.

2. Miljan Radovic

Miljan Radovic sebetulnya berstatus sebagai salah satu gelandang asing terbaik yang pernah dimiliki oleh Persib Bandung. Pemain asal Montenegro ini bergabung dengan tim Pangeran Biru pada 2011.

Setelah namanya tak masuk dalam skuad asuhan Djadjang Nurdjaman, kecintaannya terhadap Persib Bandung tak pernah luntur. Salah satu loyalitasnya ialah menerbitkan buku tentang pengalamannya berkarier bersama Persib.

Sebelumnya, Miljan Radovic sempat ditunjuk untuk menangani Persib pada 2018. Namun, kiprahnya sebagai pelatih ternyata tak semulus saat dia menjadi pemain Persib Bandung.

Pelatih yang telah mengantongi Lisensi UEFA Pro ini disebut-sebut layak mendapatkan kesempatan kedua dari tim Pangeran Biru.

3. Nova Arianto

Nova Arianto merupakan salah satu mantan pemain Persib Bandung yang kini sudah menapaki jenjang kariernya di dunia kepelatihan.

Sosok bek yang dikenal tangguh ini pernah memperkuat Persib Bandung, yakni mulai tahun 2007 hingga 2011. Sosok bek jebolan PSSI Baretti ini cukup layak untuk mengasuh tim Pangeran Biru.

Apalagi, Nova Arianto sudah bekerja sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di beberapa kelompok usia umur sejak akhir tahun 2019.

Tentu pengalaman inilah yang nantinya bisa menjadi modal berharga bagi pelatih asal Semarang, Jawa Tengah, itu untuk mengasuh tim Maung Bandung.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini