Bolaindonesia

Thailand Gelar Kings Cup 2022, Malaysia Diajak, Indonesia Dilupakan

Padahal, Indonesia dulu adalah negara yang membantu Thailand untuk menyemarakkan Kings Cup saat awal digelar pada 1960an.

Irwan Febri Rialdi

FA Thailand umumkan negara peserta Kings Cup 2022. (Dok. FA Thailand)
FA Thailand umumkan negara peserta Kings Cup 2022. (Dok. FA Thailand)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) resmi mengumumkan negara peserta turnamen sepak bola yang bernama Kings Cup 2022 pada September mendatang.

Ada tiga negara undangan yang dipastikan menjadi peserta, yakni Malaysia (peringkat 147), Tajikistan (108) dan Trinidad & Tobago (101).

Sementara Vietnam, menurut media negara setempat, yakno Soha.vn, juga dikabarkan diundang, tetapi tidak disanggupi oleh tim asuhan Park Hang-seo.

Menariknya Indonesia tidak diundang dalam kejuaraan tersebut. Padahal, Indonesia adalah negara yang turut mendukung awal diadakannya Kings Cup pada 1968.

Pada empat edisi awal Kings Cup, Indonesia selalu berpartisipasi untuk meramaikan turnamen yang dibuat oleh FA Thailand. Di edisi pertama, bahkan Indonesia muncul sejak juara.

Di partai final, Indonesia sukses mengalahkan Myanmar dengan skor 1-0. Gol semata wayang dicetak oleh Soetjipto Soentoro.

Namun, sejak 1971, Indonesia tak lagi berpartisipasi. Indonesia sempat ikut lagi pada 1987, tetapi setelah itu tidak lagi hingga sekarang.

Kings Cup 2022 akan digelar di Chiang Mai dari 20 hingga 24 September 2022. Formatnya adalah sistem gugur, yang mana pemenang akan berjumpa di final. Sementara yang kalah akan memperebutkan tempat ketiga.

Berita Terkait

Berita Terkini