Bolaindonesia

3 Kunci Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 Hajar Myanmar, Salah Satunya Mental

Timnas Indonesia U-16 berhasil mempermalukan Myanmar.

Husna Rahmayunita

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Myanmar. (Dok. PSSI)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Myanmar. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kunci keberhasilan timnas Indonesia U-16 kalahkan Myanmar U-16 di babak semifinal Piala AFF U-16 2022 lewat drama adu penalti, skuad Garuda Muda berhasil comeback usai tertinggal lebih dulu.

Timnas Indonesia U-16 berhasil menyegel satu tiket ke partai final Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Myanmar di babak semifinal lewat adu penalti.

Kemenangan atas Myanmar diraih timnas Indonesia U-16 di hadapan publik Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (10/8/2022).

Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, anak asuh Bima Sakti mampu menyamakan kedudukan pada babak kedua hingga skor 1-1 bertahan hingga watku normal selesai.

Pertandingan dipaksa dilanjutkan melalui adu penalti, dan timnas Indonesia U-16 mengunci kemenangan dengan skor akhir 5-4.

Jika menilik jalannya pertandingan, setidaknya ada beberapa kunci kemenangan yang membawa anak asuh Bima Sakti melangkah ke final Piala AFF U-16 2022.

1. Kuat Mental

Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022, Rabu (10/8/2022). (Twitter/AFFPresse)
Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022, Rabu (10/8/2022). (Twitter/AFFPresse)

Faktor kuat mental terlihat sangat jelas dari para pemain timnas Indonesia U-16 di laga melawan Myanmarr pada babak semifinal.

Timnas Indonesia U-16 tertinggal lebih dulu dengan di akhir babak pertama, hal itu mengejutkan mengingat selama pertandingan Kaka dkk lebih intens soal pernyerangan.

Namun mental yang sudah teruji membawa anak asuh Bima Sakti sukses menyamakan kedudukan di pertengahan babak kedua, meskipun harus menyudahi laga lewat adu penalti.

2. Performa Andrika Fathir Rachman

Meski berstatus sebagai penjaga gawang ketiga timnas Indonesia U-16, Andrika berhasil membuktikan kualitasnya di bawah mistar gawang skuat Garuda Muda.

Hanya kebobolan dua gol sampai babak semifinal, dan menjadi penentu kemenangan timnas Indonesia U-16 dalam adu penalti melawan Myanmar.

Andrika sukses menggagalkan eksekutor ketiga Myanmar dalam mencetak gol, bola hasil tendangan pemain lawan berhasil dimentahkan lewat blok berkelas.

3. Fokus Penalti

Para pemain memiliki kualitas sangat teruji dalam adu penalti, terbukti seluruh eksekutor mampu menjalankan tugasnya untuk mencetak gol.

Diawali Muhammad Iqbal, kemudian Figo Dennis, Arkhan Kaka, Riski Afrisal dan Nabil Asyura berhasil mencetak gol kemenangan timnas Indonesia.

Andrika pun tampil mengesankan dengan menepis satu bola hasil eksekutor pemain Myanmar, satu tugas lagi yang harus diselesaikan di partai final.

Di partai final Piala AFF U-16 2022, Indonesia akan berjumpa Vietnam, tim yang dikalahkan skuat Garuda Muda di babak penyisihan grup.

Vietnam kalah dengan skor 1-2 setelah unggul lebih dulu, hasil mengalahkan Thailand di semifinal tentu menjadi modal besar The Golden Star muda.

Bima Sakti patut mewaspadai hal ini, jika tak mau kecolongan lebih dulu seperti di babak penyisihan grup

Berita Terkait

Berita Terkini