Bolaindonesia

Momen Timnas Indonesia U-16 Menang Telak atas Myanmar di Piala AFF U-16, Akankah Terulang Lagi?

Timnas Indonesia U-16 sempat permalukan Myanmar 5-0.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Indonesia U-16, Marcelino merayakan golnya ke gawang Timor Leste pada ajang Piala AFF U-16 yang berlangsung di Changi, Thailand, Rabu (31/7/2019). [Dok. PSSI.org]
Pemain Timnas Indonesia U-16, Marcelino merayakan golnya ke gawang Timor Leste pada ajang Piala AFF U-16 yang berlangsung di Changi, Thailand, Rabu (31/7/2019). [Dok. PSSI.org]

Bolatimes.com - Jelang semifinal Piala AFF U-16, timnas Indonesia U-16 punya modal berharga berupa pengalaman saat menggilas Myanmar di ajang yang sama.

Duel timnas Indonesia U-16 melawan Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022 digelar pada Rabu (10/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Myanmar U-16 tampil mengejutkan di babak penyisihan grup dengan mengalahkan Australia dan menahan imbang Malaysia, hingga sukses melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Tak heran mengapa anak asuh U Aung Zaw Myo berhasil keluar sebagai penantang timnas Indonesia U-16 di babak semifinal gelaran kelompok umur ASEAN U-16.

Meski begitu, Myanmar harus waspada dengan kekuatan anak asuh Bima Sakti yang pernah membantai calon lawannya di di ajang yang sama pada tahun 2019.

Skuad Garuda Muda yang saat ini dilatih Bima Sakti berhasil membungkam Myanmar dengan skor 5-0, dalam turnamen yang digelar di Chonburi, Thailand.

Lima gol timnas Indonesia U-16 masing-masing dicetak oleh Mochamad Faizah Shaifullah, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto dan Valeroen.

Kemenangan besar itu sukses membuat Indonesia kokoh di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-16 2019 dan lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia U-16 dan Myanmar sudah bertemu sebanyak lima kali dalam riwayat pertandingan, dua pertemuan selalu berakhir dengan kekalahan bahkan dengan skor besar.

Skuad Garuda Muda pernah digilas Myanmar dengan skor 0-6 dan 1-6, barulah di tahun 2013 bermain imbang dengan skor 2-2.

Setelahnya timnas Indonesia U-16 mampu mendominasi dalam dua pertemuan terakhir dengan selalu meraih kemenangan atas Myanmar.

Menarik dinantikan bagaimana duel keduanya di semifinal Piala AFF U-16 2022, jika melihat riwayat keduanya yang bisa dibilang sama kuat.

Myanmar patut bersyukur setelah Malaysia bermain imbang melawan Australia di laga terakhir fase grup Piala AFF U-16 2022.

Sementara Myanmar sukses keluar sebagai juara grup setelah memetik kemenangan tipis atas Kamboja, itulah yang membuat anak asuh U Aung Zaw Myo melangkah ke semifinal.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini