Bolaindonesia

Profil Myanmar U-16, Rival Timnas Indonesia U-16 di Semifinal Piala AFF U-16 2022

Myanmar tantang Timnas Indonesia U-16 di semifinal.

Husna Rahmayunita

Timnas Myanmar U-16 vs Kamboja di Piala AFF U-16 2022, Senin (8/8/2022). (Twitter/AFFPresse)
Timnas Myanmar U-16 vs Kamboja di Piala AFF U-16 2022, Senin (8/8/2022). (Twitter/AFFPresse)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Timnas Myanmar U-16 yang akan menjadi lawan bagi Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF U-16 2022.

Myanmar U-16 berhasil melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022 dan akan menantang tuan rumah penyelenggaraan, Timnas Indonesia.

Tim arahan Aung Zaw Myo ini berhasil melangkah ke semifinal usai mengumpulkan 7 poin dari tiga pertandingan yang telah dijalani di grup C.

Pencapaian ini terbilang apik, mengingat Myanmar sebelumnya hanya menempati peringkat kedua di belakang Malaysia, dalam dua laga grup C yang telah dimainkan.

Namun di laga terakhir grup C, Myanmar berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Kamboja dan menyegel posisi puncak grup C.

Malaysia yang sebelumnya berada di posisi puncak grup C, hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Australia. Sehingga, Harimau Malaya pun harus puas menjadi Runner Up dan gagal ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Sesuai aturan AFF, juara grup C akan berhadapan dengan juara grup A di babak semifinal, di mana dalam hal ini Myanmar akan bertemu Timnas Indonesia pada Rabu (10/8) besok.

Sebelum bersua Timnas Indonesia, ada baiknya mengenal lebih jauh Timnas Myanmar U-16 yang bakal jadi calon lawannya itu. Berikut rangkumannya.

Tim Penuh Kejutan

Timnas Myanmar U-16 sendiri bisa dikatakan sebagai tim penuh kejutan. Hal ini tak lepas dari kiprahnya sepanjang gelaran Piala AFF U-16.

Sejak ajang ini berlangsung pada 2002 atau 20 tahun silam, Myanmar mampu menorehkan catatan fantastis di ajang ini.

Dalam 12 kali kesertaannya di Piala AFF U-16 sejak 2002 silam, Myanmar mampu merengkuh gelar juara sebanyak dua kali.

Hebatnya, dua gelar juara itu didapatkan di edisi pertama dan edisi kedua, yakni pada Piala AFF U-16 2002 di Indonesia dan Malaysia, serta Piala AFF U-16 2005 di Thailand.

Selain dua kali menjadi juara, Myanmar juga tercatat dua kali menjadi Runner Up, sekali menempati peringkat ketiga, dan sekali menempati peringkat keempat.

Di Piala AFF U-16 2022 ini, Myanmar pun meneruskan kejutannya kembali, dengan mengalahkan Australia U-16 dengan skor 3-2, menahan imbang Malaysia dengan skor 1-1 dan menang atas Kamboja dengan skor 1-0.

Kiprah mentereng Myanmar di Piala AFF U-16 2022 ini tak lepas dari tangan dingin sang pelatih, yakni Aung Zaw Myo.

Aung Zyang Mo sendiri bukan pelatih sembarangan. Sebelum menukangi Myanmar U-16, dirinya tercatat pernah menukangi klub Myanmar, Magwe FC sebanyak dua kali.

Selain itu, sepak bola Myanmar pun tergolong maju karena pengembangan sepak bola di usia muda yang dicanangkan oleh Federasi Sepak Bola Myanmar atau MFF.

Alhasil, pengembangan sepak bola muda ini melahirkan bakat-bakat apik yang siap menjadi tulang punggung Myanmar di kemudian hari.

Salah satunya adalah skuad Myanmar U-16 untuk Piala AFF U-16 2022 ini, yang diisi oleh banyak pemain dari National Football Academy.

Berikut daftar pemain Myanmar U-16 sebagaimana yang didapat dari hasil laporan pertandingan kontra Australia di Piala AFF U-16 2022.

Kiper:

Sai Thi Nai
Salai Ann Bwe Maung
Myint Myat Yan Naung

Bek:

Thura Zaw
Myan Phone Khant
Htoo Wai Yan
Lin Htet Oo
Nay Lin Tun
Han Htet Oo
Thet Naing Oo

Gelandang:

Han Tun Zaw
Khon Cho Htoo
Saw Myo Zaw
Brang Don Le
Kaung Khant Zaw
Aung Kaung Khant
Nay Min Htet
Aung Zaw Myo

Penyerang:

Shine Wanna Aung
Kaung Htet
Sai Zayar Kyaw
Naing Lar
Pyae Sone Aung

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini