Bolaindonesia

Hasil Liga 1: Persija Imbangi PSM Makassar 1-1, Hanno Behrens Selamatkan Macan Kemayoran

Persija Jakarta tahan imbang PSM Makassar.

Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha

Laga PSM Makassar vs Persija Jakarta di Liga 1 2022/2023. (Instagram/liga2match)
Laga PSM Makassar vs Persija Jakarta di Liga 1 2022/2023. (Instagram/liga2match)

Bolatimes.com - Hasil Liga 1 2022/2023, Persija Jakarta terhindar dari kekalahan saat melawan PSM Makassar di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (5/8/2022). Duel PSM vs Persija berakhir imbang 1-1.

Tuan rumah PSM mencetak gol lebi dulu lewat gol Kenzo Nambu. Persija mampu menyamakan kedudukan, lewat Hanno Behrens seperti di pekan kedua lalu, Hanno Behrens. Gol gelandang Jerman itu menjadi penyelamat Persija dari kekalahan di kandang PSM.

Hasil seri ini sendiri membuat PSM bertengger di puncak klasemen sementara Liga 1 2022/2023 dengan 7 poin dari tiga pertandingan.

Akan tetapi, PSM masih bisa digeser Madura United yang belum memainkan laga oekan ketiga mereka.

Sementara itu, Persija naik satu tingkat ke peringkat kelima dengan raihan 4 poin dari tiga pertandingan. Persija meraih masing-masing satu kemenangan, sekali seri dan sekali kalah dari tiga laga awal mereka di Liga 1 musim ini.

Jalannya Pertandingan

Di Stadion BJ Habibie, pertandingan sudah sengit sejak awal. Kedua tim sudah bermain dengan intensitas tinggi untuk mencetak gol cepat.

Hanya saja PSM selaku tuan rumah lebih mendominasi permainan. Beberapa kali Juku Eja --julukan PSM-- mendapatkan peluang, meski tidak ada yang bisa dikonversi jadi gol.

Sementara itu, Persija nampak kesulitan membongkar pertahanan PSM. Hanno Behrens dan kawan-kawan relatif tidak mendapat peluang berbahaya di babak pertama.

Baca Juga:
Punya Modal Bagus Saat Lawan Persik, Winger Bhayangkara FC Ini Ingin Jebol Gawang Persebaya

Alhasil, hingga turun minum tak ada gol tercipta. Skor 0-0 masih bertahan.

Masuk babak kedua, Macan Kemayoran --julukan Persija-- kini tampil lebih berani. Operan-operan pendek khas pelatih Thomas Doll menjadi cara supaya bisa membongkar pertahanan PSM.

Masih belum ada gol sampai dengan menit ke-60. PSM dan Persija masih terus mencoba mendapatkan peluang bersih. Namun, PSM masih relatif mendominasi laga sebagaimana mereka memang tampil di kandang sendiri.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-74 untuk PSM. Umpan satu-dua berbuah manis, passing dari Wiljan Pluim diselesaikan dengan sangat baik oleh Kenzo Nambu yang mengubah skor menjadi 1-0.

Tertinggal 0-1 membuat Persija mencoba bereaksi. Persija lebih berani menusuk supaya bisa menyamakan kedudukan.

Di saat PSM sudah unggul dan nampak sudah nyaman dengan leading satu gol, Persija mampu mencuri gol lewat situasi bola mati untuk menyamakan skor pada menit ke-77.

Umpan Syahrian Abimanyu dari tendangan sudut disundul dengan sempurna oleh Hanno Behrens. Skor kini 1-1.

10 menit terakhir, pertandingan semakin panas. Kedua tim sama sekali tidak mengendurkan serangan agar bisa memenangi pertandingan, terlebih PSM yang tampak begitu ngotot mendapatkan gol kemenangan.

Namun, tidak ada lagi gol tercipta hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiup wasit. Kedudukan sama kuat 1-1.

Susunan Pemain:

PSM Makassar (4-4-2): Muhammad Reza Pratama; Agung Mannan, Akbar Tanjung, Yuran Fernandes Lopes, Dallen Dolke; Rasyid Bakri (Ananda Raehan Alief 73'), Muhammad Arfan (Bryan Ramadhan 87'), Muhammad Rizky Eka Pratama (Yance Sayuri 46'), Yakob Sayuri (Muhammad Dzaky 87'); Everton Mendonca (Kenzo Nambu 73'), Wiljan Pluim.

Pelatih: Bernardo Tavares (Portugal)

Persija Jakarta (3-5-2): Andritany Ardhiyasa; Ondrej Kudela, Maman Abdurrahman, Muhammad Ferarri (Ro Fahmi 84'); Riko Simanjuntak (Hanif Sjahbandi 62'), Hansamu Yama, Syahrian Abimanyu (Ginanjar Wahyu 84'), Frengky Missa, Hanno Behrens; Abdulla Yusuf Helal, Taufik Hidayat (Braif Fatari 84').

Pelatih: Thomas Doll (Jerman)

Berita Terkait

Berita Terkini