Bolaindonesia

FA Singapura Beri Tanggapan soal Wacana PSSI Keluar dari AFF

FA Singapura buka suara soal rencana PSSI pergi dari AFF

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

FA Singapura (FA). (Bolatimes.com)
FA Singapura (FA). (Bolatimes.com)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Singapura alias FA Singapura (FAS) melalui Lead Special Project/Ambassador, yakni Baihakki Khaizan, buka suara soal rencana PSSI meninggalkan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Baihakki Khaizan merupakan legenda The Lions yang kini bekerja di Federasi Sepak Bola Singapura (FAS). Hal itu membuatnya menemani Singapura U-16 yang bertanding di Indonesia pada Piala AFF U-16 2022.

Setelah pertandingan Singapura U-16 vs timnas Indonesia U-19, Baihakki Khaizan kemudian mengungkapkan pandangannya terkait isu PSSI yang ingin keluar dari AFF.

Mantan bek yang pernah membela Persib dan Persija itu menyebut PSSI seharusnya tidak perlu keluar dari AFF. Sebab, Indonesia merupakan negara tetangga dan bisa berkompetisi bareng di wilayah ASEAN.

Legenda Singapura yang bekerja di FAS, Baihakki Khaizan. (Suara.com/Arif Budi)
Legenda Singapura yang bekerja di FAS, Baihakki Khaizan. (Suara.com/Arif Budi)

"Pandangan saya sih memang lumrahnya posisi demografi kita, negara-negara ini secara geografi kita di dalam AFF, di dalam ASEAN. Nah, AFF itu kan hanya satu badan yang memayungi kita negara-negara ASEAN," ucap Baihakki Khaizan saat ditemui di Stadion Maguwoharjo pada Rabu (3/8/2022) malam WIB.

"Kalau menurut saya sih ya emang bertahun-tahun ini, belakangan ini enggak ada apa-apa isu kan kalau buat saya. Ya mungkin enggak perlu, karena kita ramai lah satu rumpun, satu tetangga, kita main sama-sama, kita kompetisi sama-sama," sambungnya.

Kendati demikian, pria yang bekerja di FAS ini maklum jika PSSI ingin keluar dari AFF. Menurutnya mungkin Indonesia punya rencana lain terkait perkembangan sepak bola.

"Kalau mereka mau keluar ya mungkin ada sebab-sebab sendiri, mungkin saya enggak tahu kenapa. Tapi ya mungkin PSSI harus lebih jelas, mereka lebih mengetahui kenapa (ingin keluar AFF)," ujar Baihakki Khaizan.

"Jadi kalau mungkin PSSI ada rencana lain yang mungkin bisa naikkan sepak bola mereka, kita enggak tahu," imbuhnya lagi.

Sementara itu, Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bakal membahas wacana keluar dari AFF pada pekan depan bersama anggota Exco.

Berita Terkait

Berita Terkini