Bolaindonesia

Cuma Butuh Imbang dari Vietnam, Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2022

Timnas Indonesia U-16 berpeluang besar untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 saat kalahkan Singapura 9-0 di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 saat kalahkan Singapura 9-0 di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 sebetulnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 saat menghadapi Vietnam pada laga pamungkas Grup A.

Menurut jadwal, pertandingan antara timnas U-16 Indonesia versus Vietnam pada laga penentuan Grup A Piala AFF U-16 2022 ini akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022).

Bagi Indonesia dan Vietnam, ini menjadi duel hidup mati. Sebab, pertandingan ini merupakan penentu siapa di antara kedua tim ini yang nantinya berhak mengunci puncak klasemen Grup A.

Timnas Indonesia U-16 saat ini memang berhasil merebut puncak klasemen ini setelah menang 9-0 atas Singapura. Indonesia untuk sementara mengoleksi enam poin dari dua laga. Vietnam harus puas tergusur ke peringkat kedua karena mereka kalah produktivitas gol, yakni +9 berbanding dengan +11 milik Indonesia.

Dengan demikian, secara matematis, timnas Indonesia U-16 hanya membutuhkan hasil imbang, dengan skor berapa pun. saat berjumpa Vietnam untuk merebut tiket lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Pasalnya, tambahan satu poin untuk kedua tim sudah memastikan posisi puncak menjadi milik anak asuh Bima Sakti. Ini karena Indonesia unggul selisih gol atas Vietnam.

Terlepas dari kemungkinan itu, pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, memastikan bahwa anak asuhnya tetap akan mengincar kemenangan saat berjumpa Vietnam.

“Kami akan terus berjuang. Kami mau menang melawan Vietnam," ujar Bima di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (3/8) malam.

Bahkan, Bima Sakti juga akan mempersiapkan anak asuhnya sebaik mungkin agar bisa memberikan perlawanan sengit kepada Vietnam.

"Kami akan menonton video itu H-1 sebelum laga. Pada Kamis (4/8), kami akan mengevaluasi pertandingan hari ini (melawan Singapura-red),” ujarnya.

“Semoga pemain bisa memulihkan diri dengan cepat. Kami mesti waspada karena Vietnam tim yang bagus," tutur eks-gelandang timnas Indonesia itu menjelaskan.

Dengan demikian, jika berhasil menang, maka Indonesia akan semakin kokoh di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan koleksi sembilan poin dari tiga laga.

Adapun timnas Vietnam U-16 harus berjuang melewati hitung-hitungan runner-up terbaik dan bersaing dengan kontestan dari Grup B dan C apabila mereka kalah dari Indonesia pada laga tersebut.

Sementara itu, Singapura dan Filipina sudah dipastikan tersingkir dari persaingan perebutan tiket lolos ke semifinal yang tersisa di Grup A.

Sebab, kedua tim selalu menelan kekalahan pada dua laga pertama. Singapura, misalnya, digulung Vietnam (1-5), lalu digilas Indonesia sembilan gol tanpa balas.

Sementara itu, Filipina pada laga pertama tumbang 0-2 dari Indonesia. Kemudian, ketika berjumpa Vietnam pada laga kedua, mereka digulung 0-5.

Dengan demikian, pertemuan antara Filipina dan Singapura di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Sabtu (6/8/2022), sudah tak mengubah nasib bagi kedua tim ini.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini