Bolaindonesia

Sempat Bertemu Presiden Jokowi di Korea, Shin Tae-yong Dipuji Selangit

Shin Tae-yong dapat sanjungan usai bersua Presiden Jokowi.

Husna Rahmayunita

Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir lakukan kunjungan ke Korsel dan bertemu pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Twitter @erickthohir)
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir lakukan kunjungan ke Korsel dan bertemu pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Twitter @erickthohir)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sempat menghadiri pertemuan bersama Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi di Korea Selatan, Kamis (28/7/2022).

Kala itu, Shin Tae-yong diundang dalam jamuan makan malam bersama rombongan Kepresidenan Indonesia yang tengah berkunjung ke Korsel. Acara itu juga dihadari oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Pertemuan Presiden Jokowi dan Shin Tae-yong nyatanya memancing perhatian media Korea Selatan yang memberikan sanjungan kepada STY.

Khan, dalam artikelnya menyebut Shin Tae-yong tak hanya gemilang menjadi pelatih, tapi juga bersinar di panggung diplomatik.

"Kehadiran pelatih Shin Tae-yong pada jamuan makan malam itu membuktikan betapa populernya dia di Indonesia," tulis Khan seperti disadur, Rabu (3/8/2022).

Bahkan, juru taktik berusia 52 tahun itu dinilai telah melampaui kiprah pelatih senegaranya, Park Hang-seo yang menukangi Timnas Vietnam.

"Dia telah memegang pasukan Timnas Indonesia selama tiga tahun sejak 2020 dan di Piala AFF 2022 yang digelar di Singapra, dia menyalip pelatih Park Hang-seo usai menembus final. Meski tak jadi juara, STY berhasil membawa perubahan untuk Timnas Indoneia yang tergolong lemah di Asia Tenggara," sambungnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengaku dirinya membahas sepak bola bersama Presiden Jokowi dalam pertemuan itu.

Kepada media Korsel, ia mengatakan pengalamannya di Korea saat memimpin Timnas U-20, U-23 dan tim senior secara berurutan sangat membantu kinerjanya. Terlebih, di Indonesia, ia rangkap jabatan melatih tiga kelompok umur bersamaan.

"Sayangnya di Indonesia, saya memimpin tiga tim sekaligus," pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini