Bolaindonesia

Mental Pemain Timnas Indonesia U-16 Masih Naik Turun, Bima Sakti Siap Jadi Tempat Curhat

Bima Sakti mengaku ada beberapa pemain yang performanya bagus saat seleksi, tapi menurut saat tampil di Piala AFF U-16 2022.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto

Pemain Timnas Indonesia U-16 berselebrasi usai melawan Timnas Filipina U-16 2-0 saat laga AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Minggu (31/7/2022). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj)
Pemain Timnas Indonesia U-16 berselebrasi usai melawan Timnas Filipina U-16 2-0 saat laga AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Minggu (31/7/2022). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj)

Bolatimes.com - Bima Sakti mengungkapkan bawah mental pemain Timnas Indonesia U-16 masih naik turun. Untuk mengatasi hal tersebut, ia siap jadi tempat curhat buat anak asuhnya.

Bima Sakti mencontohkan salah satu pemainnya, Arjuna Tri Wahyudi yang punya performa apik ketika menjalani seleksi dan pemusatan latihan. Namun, performanya kini dibilang menurun karena dibangkucadangkan di laga lawan Filipina U-16, Minggu (31/7/20220.

"Arjuna saat seleksi dan TC beberapa kali performanya bagus. Memang saat ini agak sedikit menurun. Kita mengerti karena mereka rata-rata masih muda, mental mereka masih naik turun. Kita belajar berproses mereka bisa lebih siap lagi dalam setiap pertandingan," ucapnya saat ditemui di Lapangan UNY pada Selasa (2/8/2022).

Maka dari itu, untuk menghadapi pemain yang mentalnya masih belum stabil, Bima Sakti mengaku harus jadi sosok yang lengkap. Bahkan, ia mengatakan bukan hanya jadi sosok pelatih saja untuk pemainnya, melainkan seorang ayah, kakak, hingga teman untuk diajak curhat.

"Saya menempatkan diri sebagai pelatih, sebagai ayah, sebagai kakak, bahkan bisa sejajar seperti teman," jelas Bima Sakti.

"Kadang mereka curhat kangen sama orang tua karena seumuran mereka ini 15 dan 16 tahun, ya mereka masih butuh perhatian orang tua. Makanya kalau saya sudah bicara dengan mereka pakai hati ke hati, begitu tanya pekerjaan orang tua sudah pada sedih semua," imbuhnya.

Bima Sakti melanjutkan semua pemainnya ini ingin membahagikan orang tua mereka. Sebab pemain Garuda Asia ini memang sedang meniti karier untuk bisa menjadi profesional di masa mendatang.

Di sisi lain, gelandang timnas Indonesia U-16 yang bernama Narendra Tegar Islami menyebut motivasinya memang untuk membanggakan orang tua yang sudah memberikan dukungan untuknya.

"Semuanya pasti buat orang tua, buat masyarakat indonesia, buat diri saya sendiri," pungkas pemain yang akrab disapa Tegar.

Berita Terkait

Berita Terkini