Bolaindonesia

Tinggal di Korea Selatan, Asnawi Mangkualam Ungkap Kendala yang Dialami

Bukan bahasa, Asnawi ungkap kesulitannya tinggal di Korea.

Husna Rahmayunita

Pemain klub K2 League Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam. (Facebook/Ansan Greeners)
Pemain klub K2 League Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam. (Facebook/Ansan Greeners)

Bolatimes.com - Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam buka-bukaan soal pengalamannya selama tinggal di Korea Selatan. Pemain Ansan Greeners itu hampir dua tahun, Asnawi bolak-balik Indonesia-Korea.

Tinggal di luar negeri, rupanya Asnawi Mangkualam mengalami kendala untuk beradaptasi. Bukan bahasa atau budaya, tapi ia mengaku kesulitan mencari makanan halal di Korea Selatan.

Sebagai seorang muslim, Asnawi Mangkualam mengonsumsi makanan dan minuman yang diperbolehkan sesuai ajaran agama Islam.

"Untungnya tidak ada masalah hidup di sini (Korea Selatan). Saya seorang muslim. Ada banyak makanan babi yang tidak halal untuk dimakan," ungkapnya seperti dikutip dari Sports-G, Selasa (2/8/2022).

Walau begitu, eks PSM Makassar tersebut tak menjadikan hal itu sebagai masalah besar.  Apalagi, ia sudah cukup lama beradaptasi di Negeri Gingseng.

"Sebenarnya, selama kesulitan dalam makanan itu teratasi, saya rasa tidak ada masalah besar yang hadapi karena saya sudah bisa menyesuaikan diri dengan semuanya," sambungnya.

Sosok Asnawi Mangkualam belakangan dielu-elukan berkat penampilan impresifnya bersama Ansan Greeners. Ia akhirnya menciptakan gol debut saat melawan Gimpo FC di lanjutan K League 2.

Tak berselang lama, pemain berusia 22 tahun tersebut kembali mencetak gol saat lawan Jeonnam Dragons. Ini yang membuatnya panen pujian.

Musim ini, Asnawi Mangkualam tercatat telah tampil 18 kali bersama Ansan Greeners di K League. Dia pun sudah mengoleksi dua gol.

Berita Terkait

Berita Terkini