Bolaindonesia

Hasil Piala AFF U-16 2022: Timnas Indonesia U-16 Sukses Bungkam Filipina 2-0

Meski banyak peluang terbuang, Timnas Indonesia U-16 tetap mampu mengamankan kemenangan atas Filipina dengan skor 2-0

Irwan Febri Rialdi | Rully Fauzi

Pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asura (tengah) berusaha menerobos pertahanan Timnas Filipina U-16 pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022) malam. [ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko]
Pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asura (tengah) berusaha menerobos pertahanan Timnas Filipina U-16 pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022) malam. [ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 sukses membungkam Timnas Filipina U-16 dengan skor 2-0 pada laga matchday 1 Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/2022) malam.

Aktor kemenangan Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- adalah Arkhan Kaka Putra, penyerang belia yang baru berusia 14 tahun.

Pemain tim akademi Persis Solo itu mencetak satu gol dan juga jadi kreator lahirnya satu gol bunuh diri dari pemain Filipina.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan poin 3 dari satu pertandingan.

Timnas U-16 memiliki selisih gol lebih sedikit daripada Vietnam di posisi satu, yang pada laga petang tadi menundukkan Singapura dengan skor telak 5-1.

Sementara itu, Filipina bertengger di peringkat ketiga dan Singapura menjadi tim terbawah.

Dalam laga di Yogyakarta hari ini, pelatih Timnas U-16 Indonesia Bima Sakti menurunkan pemain yang baru berusia 14 tahun, Arkhan Kaka Putra. Arkhan ditempatkan sebagai penyerang tunggal dalam formasi 4-1-4-1.

Arkhan Kaka Putra Purwanto (Instagram.com/persisyouth)
Arkhan Kaka Putra. (Instagram/persisyouth)

Timnas U-16 sudah unggul 1-0 di menit ketiga lewat gol bunuh diri pemain Filipina, Jared Pena. Gol ini bermula dari aksi Arkhan Kaka Putra di sisi kiri pertahanan Filipina.

Arkhan berhasil lolos dan mengirim umpan silang mendatar ke muka gawang. Jared Pena berupaya memotong bola namun justru mengantar si kulit bundar masuk ke dalam gawang.

Arkhan lagi-lagi berkontribusi untuk gol kedua Timnas U-16 yang lahir di menit ke-37. Kali ini ia mencetak gol secacra langsung setelah memaksimalkan umpan silang dengan baik.

Sampai babak pertama rampung, skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan.

Usai turun minum, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Namun, mereka kesulitan mencetak gol.

Sebanyak dua percobaan Indonesia mengenai tiang gawang dan beberapa sepakan tidak tepat sasaran.

Gol yang diharapkan kedua tim tak kunjung tiba. Kedudukan 2-0 untuk kemenangan Indonesia pun bertahan sampai pertandingan tuntas.

Pada pertandingan Grup A selanjutnya, Rabu (3/8/2022), Indonesia akan melawan Singapura pada  pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo.

Sebelumnya, pada pukul 15.00 WIB di Stadion Sultan Agung, Bantul, Filipina akan menghadapi Vietnam.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-16: Andika Fathir Rachman (GK), Ridzjar Nurviat, Sulthan Zaky, Habil Abdillah, Iqbal Gwijangge, Muhammad Kafiatur, Narendra Tegar, Achmad Zidan, Rizki Afrisal, Arkhan Kaka, Muhammad Nabil.

Pelatih: Bima Sakti

Timnas Filipina U-16: Cesar Inigo (GK), Carlito Edgardo, Matthaeus Henricus, Alexander John, Bacchus Ekberg, Jared Pena, Jaryl Pineda, Lucas Andan, Marcus Arias, Sam Salingay, Kent Belgira.

Pelatih: Christopher Pedimonte

Berita Terkait

Berita Terkini