Bolaindonesia

Profil Iqbal Gwijangge, Putra Atlet Angkat Berat Kapten Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF 2022

Mari berkenalan dengan sosok Iqbal Gwijangge

Irwan Febri Rialdi

Kapten timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge. (Suara.com/Arif Budi)
Kapten timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge. (Suara.com/Arif Budi)

Bolatimes.com - Bima Sakti menunjuk Muhammad Iqbal Gwijangge sebagai kapten untuk memimpin pasukan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Kepemimpinan Iqbal di atas lapangan akan segera mendapat ujian dalam laga menghadapi Timnas Filipina U-16, Minggu (31/2/2022).

Adapun, ajang ini akan digelar mulai Minggu (31/07/22) hingga Jumat (12/08/22) mendatang. Yogyakarta ditunjuk oleh pihak penyelenggara sebagai tempat pertandingan.

Ini jadi kali kedua buat Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut, setelah sebelumnya menggelar di edisi 2018. Ketika skuad besutan Fakhri Husaini menjadi kampiun.

Nah, untuk mengulang hasil manis serupa di edisi kali ini, Bima Sakti sudah memanggil 28 pemain muda Indonesia untuk berjuang.

Di turnamen ini, Indonesia berada di Grup A bersama tim-tim seperti Vietnam, Singapura, dan Filipina. Bima mengatakan, untuk level kelompok umur, tim negara-negara peserta kekuatannya semua hampir merata.

Salah satu dari nama yang dipanggil ke skuad Timnas Indonesia U-16, ada sosok bernama Iqbal Gwijangge yang jadi sorotan. Siapa dia sebetulnya?

Iqbal merupakan pemain kelahiran Sumedang, Jawa Barat yang memiliki darah Papua pada 2006. Darah atletnya mengalir dari sang ayah.

Diketahui bahwa ayah dari Iqbal merupakan mantan atlet angkat berat Jawa Barat, Besinah Haluk. Karier sepak bolanya dimulai saat berlatih dengan klub lokal Bandung Pro United.

Kini dia tercatat sudah bergabung dengan klub profesional, yaitu Bhayangkara FC U-16. Performanya yang apik di kompetisi lokal, membuatnya masuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16.

Selama pemusatan latihan berlangsung, Iqbal Gwijangge dianggap tampil apik dan menunjukkan jiwa kepemimpinan. Oleh karena itu dia ditunjuk menjadi kapten oleh Bima Sakti.

Diberi tanggung jawab mengemban ban kapten, Iqbal mengaku tertantang untuk menunjukkan penampilan terbaik dan membawa Timnas Indonesia U-16 berprestasi.

Persiapan matang sudah dilakukan Iqbal Gwijangge dan kolega untuk mengarungi Piala AFF U-16 2022 nanti. Hasil uji coba pun terbilang apik.

Timnas Indonesia U-16 sudah melakukan tiga kali uji coba. Pertama kalah 0-2 lawan Porprov DIY U-20, kemudian menang telak 5-1 lawan Porda Sleman U-18, dan terakhir menang 7-0 melawan tim Mataram Utama.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini