Bolaindonesia

3 Alasan Timnas Indonesia U-16 Pasti Bisa Kalahkan Filipina

Sejarah mencatat, kemenanga selalu berpihak pada Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Bima Sakti saat memimpin latihan skuat Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI)
Pelatih Bima Sakti saat memimpin latihan skuat Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 punya kans besar untuk mengalahkan Filipina U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Laga ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu (31/7/2022) pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta.

Baik Timnas Indonesia U-16 maupun Filipina ingin tampil maksimal di laga pembuka. Kedua tim sama-sama mengincar kemenangan sebagai modal untuk melaju ke babak berikutnya.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengaku dirinya sudah mengantongi nama 11 pemain yang akan diturunkan saat menghadapi Filipina.

Diketahui, sebanyak 28 pemain dibawa Timnas Indonesia U-16 untuk mengarungi Piala AFF U-16 2022. Nantinya 11 orang akan ditunjuk untuk tampil di laga perdana, belum termasuk cadangan.

"Ya kita sudah dapat 11 pemain, semoga besok (lawan Filipina) bisa tampil maksimal," tegas pelatih berusia 46 tahun ini saat dijumpai seusai konferensi pers jelang Piala AFF U-16 2022 di Sleman, D.I. Yogyakarta pada Sabtu (30/7/2022).

Walau begitu, ia mengakui masih buta dengan kekuatan rival sehingga meminta skuad Garuda Asia --julukan Timnas U-16-- tak memandang remeh lawan.

Nah, lantas apa saja alasan yang bisa membuat Timnas Indonesia U-16 bisa mengalahkan Filipina nanti? Berikut ulasannya!

1. Unggul Head to Head

Salah satu alasan Timnas Indonesia U-16 bisa mengalah Filipina di laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022 nanti adalah keunggulan rekor pertemuan.

Dari lima pertandingan terakhir kedua tim, Timnas Indonesia U-16 tidak pernah terkalahkan dengan catatan 4 kemenangan dan 1 kali imbang.

Hal ini menunjukkan bahwa secara sejarah, Timnas Indonesia U-16 tidak pernah kesulitan saat bertemu Filipina di berbagai kesempatan.

2. Kualitas Pemain

Salah satu alasan berkaitan dengan kualitas pemain. Pelatih Bima Sakti diyakini memiliki materi pemain yang lebih bagus dari calon lawannya nanti.

Salah satu pemain yang diprediksi bakal bersinar adalah pemain keturunan Korea Selatan, Ji Da-Bin. Ada juga Arkhan Kaka hingga Hanif Ramadhan.

3. Dukungan Suporter

Faktor lainnya tentu saja berkaitan dengan status Timnas Indonesia U-16 sebagai tuan rumah. Dengan bermain di Tanah Air, Iqbal dan kolega akan mendapat dukungan penuh dari publik di stadion pada setiap pertandingannya. 

Keuntungan ini pun harus dimanfaatkan dengan baik bagi para pemain untuk memupuk kepercayaan diri lebih. Dengan memiliki rasa percaya diri dan semangat lebih, mengalahkan Filipina bisa dengan mudah dilakukan Timnas Indonesia U-16.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini