Bolaindonesia

Beda dengan Indonesia, Negara Kuat Ini Malah Ngebet Ingin Gabung AFF

Ngebet banget gabung AFF. Sudah lama juga ingin ikut Piala AFF

Irwan Febri Rialdi | Husna Rahmayunita

Potret skuat Timnas India. (DIBYANGSHU SARKAR / AFP)
Potret skuat Timnas India. (DIBYANGSHU SARKAR / AFP)

Bolatimes.com - Beda dengan Indonesia, salah satu negara kuat di Asia, yakni India justru ngebet ingin bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Dilansir dari media Malaysia, Makan Bola, Federasi Sepak Bola India (AIFF) dikabarkan siap bergabung ke AFF di tengah wacana Indonesia hengkang ke EAFF.

Wacana Indonesia hengkang dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) merebak sejak insiden di Piala AFF U-19 2022.

Kala itu, netizen Indonesia mendesak PSSI keluar dari AFF lantaran kecewa dengan laga timnas Vietnam dan Thailand yang membuat timnas gagal ke semifinal.

Tak lama setelah itu, merebak kabar India siap bergabung ke AFF untuk menggantikan Indonesia andai memutuskan pindah federasi.

Menurut Media Malaysia, Makan Bola, keinginan India untuk meninggalkan Federasi Sepak Bola Asia Selatan (SAFF) dan bergabung ke AFF sejatinya sudah ada sejak tahun lalu. Tetapi niatan terganjal karena pandemi Covid-19.

Media tersebut juga menyinggung pernyataan Sekjen AIFF, Kushal Das belum lama ini yang menyebut India ingin mentas di kompetisi lebih baik.

"Tujuan kami pindah ke AFF untuk memastikan timnas kami bersaing di kompetisi terbaik," ujarnya dalam wawancara dengan Times of India dikutip dari Soha, Minggu (31/7/2022).

Tak cuma itu, AIFF diterangkan sudah menjalin komunikasi dengan AFF terkait keinginannnya untuk merapat dan berjanji siap memberikan komitmen penuh apabila diterima menjadi anggota.

"AFF memberikan feedback positif dan jika mereka menerima kami ke AFF, maka kami akan serius dalam turnamen ini," sambung Kushal Das.

Dia menyakini, India dapat bersaing dengan tim-tim Asia Tenggara lainnya dan memicu daya tarik tersendiri jika benar-benar bisa bergabung ke AFF.

Berita Terkait

Berita Terkini