Bolaindonesia

Curacao Punya Rekor Impresif Lawan Tim Asia, Timnas Indonesia Wajib Waspada

Qatar pun pernah dihajar oleh Curacao

Irwan Febri Rialdi

Timnas Curacao saat berlaga di Concacaf Nations League pada 2019 silam. (Daniel Munoz/AFP)
Timnas Curacao saat berlaga di Concacaf Nations League pada 2019 silam. (Daniel Munoz/AFP)

Bolatimes.com - Calon lawan timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday periode September 2022, Curacao, ternyata memiliki rekor pertemuan yang impresif saat berhadapan dengan negara-negara Asia.

Tercatat, selama lima tahun terakhir ini, timnas Curacao sudah beberapa kali berjumpa dengan negara Asia, terutama dalam ajang friendly match. Tentu saja, catatan ini patut diwaspadai oleh timnas Indonesia.

Setidaknya, selama lima tahun terakhir, ada empat negara asal Asia yang sudah menjajal kekuatan timnas Curacao pada ajang internasional.

Yang terbaru ada timnas Bahrain. Pertandingan yang berlangsung di Bahrain National Stadium, pada Rabu (6/10/2021), itu sukses dimenangkan tim tuan rumah dengan skor 4-0.

Semua gol yang tercipta ke gawang Curacao pada laga itu dicetak oleh Mohamed Marhoon (46’), Ali Madan (84’), Mahdi Abduljabbar Darwish (86’ dan 90+2’).

Sebelum kekalahan telak itu, timnas Curacao sebetulnya sempat menjungkalkan dua negara asal Benua Kuning pada tahun 2019. Dua lawan yang bertekuk lutut yakni India dan Vietnam.

Pada laga melawan India yang berlangsung di Chang Arena pada ajang King’s Cup 2019 yang digelar di Thailand itu, timnas Curacao sukses menang telak dengan skor 3-1.

Ketiga gol timnas Curacao dicetak oleh Roly Bonevacia (15’), Elson Hooi (17’), dan Leandro Bacuna (33’), sedangkan satu-satunya gol timnas India disumbangkan Sunil Chhetri (31’).

Kemenangan timnas Curacao itu mengantarkan mereka ke final ajang King’s Cup untuk menghadapi Vietnam yang sebelumnya menang 1-0 atas tuan rumah Thailand.

Pada partai final, Curacao dan Vietnam bermain imbang 1-1. Setelah laga dilanjutkan lewat perpanjangan 2x15 menit, kedua tim masih belum mencetak gol.

Pemenang laga ini pun ditentukan lewat adu penalti yang akhirnya dimenangkan oleh timnas Curacao dengan skor 5-4.

Selain ketiga laga tersebut, timnas Curacao juga pernah menumbangkan Qatar pada pertandingan uji coba internasional.

Dalam duel yang berlangsung di Jassim Bin Hamad Stadium, Selasa (10/10/2017) itu, timnas Curacao sukses menang tipis dengan skor 2-1.

Dua gol mereka pada laga ini disumbangkan oleh Leandro Bacuna (36’) dan Elson Hooi (70’). Padahal, sebelumnya mereka sempat tertinggal lewat gol Hasan Al-Haydos (28’). 

Berikut catatan pertemuan timnas Curacao selama lima tahun terakhir saat berjumpa negara asal Asia.

Timnas Curacao vs Bahrain (0-4)

Rabu, 6 Oktober 2021

Timnas Curacao vs India (3-1)

Rabu, 5 Juni 2019

Timnas Curacao vs Vietnam (1-1) Adu penalti (5-4)

Sabtu, 8 Juni 2019

Timnas Curacao vs Qatar (2-1)

Selasa 10 Oktober 2017

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini