Bolaindonesia

Profil Ilham Yuda, Pesepak Bola Muda asal Kalimantan Barat yang Direkrut Klub Spanyol

Satu lagi pemain asal Indonesia berkarier di Eropa. Mari berkenalan dengan sosok Ilham Yuda

Irwan Febri Rialdi

Ilham Yuda, pemain Indonesia yang gabung klub Spanyol. (Instagram/@ilhamyuda23)
Ilham Yuda, pemain Indonesia yang gabung klub Spanyol. (Instagram/@ilhamyuda23)

Bolatimes.com - Pesepak bola muda Indonesia, Ilham Yuda, kini tengah menjadi perbincangan publik karena baru saja diresmikan sebagai pemain klub Spanyol, Deportivo Llosetense.

Kepastian soal bergabungnya Ilham Yuda ke klub divisi lima Liga Spanyol itu muncul lewat sebuah unggahan melalui akun Instagram pribadinya pada Rabu (27/7/2022).

Dalam unggahan itu, pemain asal Pontianak tersebut memamerkan potret dirinya yang tengah memegang jersey Deportivo Llosetense. Ia mengaku senang bisa merapat ke tim Spanyol tersebut.

"Saya senang dapat menandatangani kontrak untuk Cd Llosetense dan tidak sabar untuk segera memulai karier di sana," tulis akun @ilhamyuda23.

Sontak saja, pengumuman itu tersebut mendapat atensi dari penggemar sepak bola Indonesia di media sosial. Banyak yang memberikan selamat dan dukungan kepada Ilham Yuda.

Sebetulnya, publik sepak bola di Indonesia cukup asing dengan nama tersebut. Sebab, kiprahnya tak begitu muncul di kompetisi domestik.

Profil Ilham Yuda

Sebagai informasi, pemain bernama lengkap Ilham Putra Yuda ini merupakan pesepak bola muda yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Dikutip dari Antara, pesepak bola berusia 19 tahun itu memang sudah menggeluti sepak bola sejak masih kecil. Kariernya dimulai ketika pindah ke Amerika Serikat pada usia 13 tahun.

Ketika itu, ia mengikuti kedua orang tuanya yang bekerja di Negeri Paman Sam. Selama tinggal di Amerika, ia sempat mengikuti sejumlah kejuaraan, salah satunya Las Vegas Cup U-16.

Dari kejuaraan itu, ada seorang pelatih yang melirik bakat dan potensinya. Dari ajang Las Vegas Cup U-16 itu, ia bisa bergabung ke Spanyol.

“Aku bisa ke Spanyol gara-gara ada turnamen di Amerika, Las Vegas Cup U-16, terus dari situ ada pelatih yang melirik aku terus dikontak dia dan dari situ baru aku mulai ke Spanyol,” katanya, dikutip dari Antara.

Pada tahun 2018, barulah ia bisa bertolak ke Negeri Matador. Klub pertama yang menjadi tujuannya ialah Amonecar City. Selain itu, ia juga pernah mengikuti trial bersama klub Divisi Empat, Estopena.

“Aku pernah uji coba sama tim Estepona dari divisi empat, tadinya mau main di situ sama akademinya. Tetapi gara-gara cedera jadi harus pulang ke Indonesia,” ucapnya.

Sebagai informasi, Deportivo Llosetense merupakan tim Divisi 5 Liga Spanyol yang musim lalu finis di peringkat kelima klasemen akhir.

Mereka sebetulnya sempat mengikuti fase play-off untuk merebut tiket promosi ke Divisi 4. Namun, langkah mereka harus terhenti karena dijegal oleh klub Manacor di semifinal.

Meskipun telah malang melintang bersama sejumlah klub di luar negeri, tetapi Ilham Yuda mengakui bahwa dirinya belum ingin kembali untuk melanjutkan kariernya di Indonesia.

Akan tetapi, Ilham Yuda menegaskan bahwa dirinya siap untuk kembali ke Indonesia apabila ada panggilan dari pelatih tim nasional, Shin Tae-yong.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini