Bolaindonesia

Jelang Piala AFF U-16, Media Vietnam Ungkap Kelemahan Timnas Indonesia U-16

Vietnam dan Indonesia berada satu grup di Piala AFF U-16 2022

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Timnas Indonesia U-16 dalam pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta. (Dok. PSSI)
Timnas Indonesia U-16 dalam pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam kembali menyoroti Timnas Indonesia U-16 menjelang bergulirnya Piala AFF U-16 2022. Mereka menyebut tim asuhan Bima Sakti masih memiliki kekurangan.

Piala AFF U-16 2022 akan digelar pada 31 Juli 2022. Semua tim sudah melakukan persiapan matang demi hasil terbaik di turnamen para pemain muda Asia Tenggara ini.

Timnas Indonesia U-16 selaku tuan rumah termasuk tim yang sudah melakukan persiapan serius. Bima Sakti memanggil 30 pemain pada pemusatan latihan dan kini sudah mencoret dua nama untuk skuad akhir Piala AFF U-16 2022.

Pada pemusatan latihan, tim berjuluk Garuda Asia juga menjalani uji tanding sebanyak tiga kali. Hasilnya timnas Indonesia U-16 kalah sekali dan meraih kemenangan dua kali.

Meski begitu, Bima Sakti masih belum puas dengan performa anak asuhnya. Terdapat beberapa kelemahan yang disebut oleh pelatih timnas Indonesia U-16.

"Indonesia U-16 perlu fokus mengatasi beberapa kelemahan di sisa proses persiapan ini. Kami masih punya banyak masalah untuk diperbaiki, terutama dalam hal pertahanan, serangan, dan distribusi bola antarlini," ucap Bima Sakti.

"Pertahanan dan serangan itulah yang perlu menjadi fokus Indonesia U-16 saat ini. Tentu saja kami akan meningkatkan taktik, serangan, dan pertahanan agar lebih baik. Saya berharap seluruh tim ini punya persiapan terbaik untuk turnamen," imbuhnya.

Bima Sakti memimpin latihan perdana Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021 di Stadion Madya, Jakarta (dok. PSSI).
Bima Sakti memimpin latihan perdana Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021 di Stadion Madya, Jakarta (dok. PSSI).

Nah, pernyataan Bima Sakti itu menjadi sorotan media Vietnam. Mereka menyebut sang pelatih sudah menunjukkan kelemahan timnya sendiri.

"Pelatih Indonesia menunjukkan kelemahannya sendiri sebelum bentrokan dengan Vietnam U-16. Pelatih Indonesia menilai timnya masih banyak kelemahan sebelum Piala AFF U-16 2022," tulis laporan The Thao247 dikutip pada Kamis (28/7/2022).

Sementara itu, Pada laga pertama, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Filipina lebih dahulu di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 31 Juli 2022. Kemudian, bersua Singapura pada 3 Agustus di venue yang sama.

Adapun Vietnam menjadi penantang terakhir Timnas Indonesia U-16 di Grup A pada 6 Agustus mendatang yang juga berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Berita Terkait

Berita Terkini