Bolaindonesia

Dugaan Main Mata di Piala AFF U-19 2022, Pelatih Vietnam U-19 Ngaku Timnya Dipengaruhi Thailand

Dinh The Nam buka suara soal dugaan main aman.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)
Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam buka-bukaan soal timnya yang dituding sengaja main mata saat lawan Thailand demi lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Terkini, Dinh The Nam mengaku timnya dipengaruhi Thailand sehingga mengendurkan serangan saat skor imbang 1-1.

Hasil seri Vietnam vs Thailand membuat timnas Indonesia U-19 gagal lolos dari fase grup karena kalah head to head dari kedua tim itu, meski punya poin sama dan selisih gol lebih banyak.

Alhasil pertandingan Vietnam U-19 vs Thailand U-19 dianggap main mata karena kedua tim berniat imbang 1-1 demi menghentikan lajut timnas Indonesia U-19.

Kini pelatih tim muda Golden Star Warriors, Dinh The Nam blak-blakan terkait situasi itu. Ia menyebutkan situasi yang dianggap tidak fair terjadi karena kedua tim main aman.

"Banyak wartawan Indonesia kesal karena tim tuan rumah tidak lolos ke semifinal, sehingga mereka bertanya-tanya tentang menit terakhir pertandingan," ucap Dinh The Nam dikutip dari Zing News pada Rabu (27/7/2022).

"Faktanya setelah Vietnam menyamakan kedudukan, kedua tim terkuras fisiknya dan dihadapkan pada tekanan psikologis, sehingga mereka memilih solusi yang aman," imbuhnya.

Lebih lanjut, Dinh The Nam mengatakan bahwa Thailand U-19 memengaruhi timnya. Sebab, tim muda Gajah Perang ini tidak menyerang lagi.

"Para pemain Thailand tidak mau menyerang lagi. Sementara saya masih menginstruksikan para pemain untuk mengontrol bola dan mengarahkan ke depan," ujar Dinh The Nam.

"Para pemain masih takut karena mereka terlalu muda. Mungkin itu yang membuat Vietnam sedikit terpengaruh. Tapi saya sulit untuk menyalahkan siapa, karena Thailand juga ingin hal yang sama," tegasnya.

Sementara itu, PSSI sendiri telah melayangkan protes terkait hasil pertandingan itu. Namun, sejauh ini pihak AFF belum memberikan respons.

Berita Terkait

Berita Terkini