Bolaindonesia

Wasit Thoriq Alkatiri Dukung Liga di Indonesia Pakai VAR, Ini Alasannya

Thoriq Alkatiri ingin VAR diterapkan di Liga Indonesia.

Husna Rahmayunita

Nurhadi dan Thoriq Alkatiri. (Dok. PSSI)
Nurhadi dan Thoriq Alkatiri. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Wasit Indonesia berlisensi FIFA Thoriq Alkantiri setuju andai liga di Indonesia menerapkan teknologi  Video Assistant Referee (VAR).

Menurutnya, teknologi tersebut dapat mendukung kinerja pengadil lapangan untuk memberikan keputusan tepat. Hal itu disampaikan Thoriq Alkantiri itu diketahui dari unggahan video di kanal youtube Tommy Desky.

Dalam video itu Thoriq Alkantiri ditanya sejumlah pertanyaan oleh seorang pria terkait pengalamannya menjadi wasit di liga Indonesia.

"Sebagai wasit yang sudah berpengalaman gaya permainan apa menyulitkan mas dalan pengambilan keputusan," tanya seorang pria.

Diakui Thoriq Alkantiri, klub yang mengandalakan serang balik cepat sangat menyulitkan pengadil lapangan dalam memberi keputusan jika terjadi pelanggaran.

"Yang paling sulit itu ya permainan-permainan yang menerapkan counter attack ya. Yang tidak menggunakan ball possession," buka Thoriq Alkantiri.

"Kita tidak bisa membaca permainan dengan jelas. Jadi kadang ketika main di belakang. Passing-passing tahu-tahu ke depan itu yang sulit identifikasi oleh wasit karena bola datangnya sangat cepat," sambungnya.

Maka dari itu setiap wasit harus memiliki kecerdasan ketika memimpin sebuah laga yang mengandalkan permainan cepat.

"Kita wasit harus memiliki intelegensi yang bagus. Dalam artian bisa membaca permainan dengan baik," paparnya.

Thoriq Alkantiri juga mengakui kesalahan wasit dalam pengambilan keputusan klub yang bermain cepat bisa membunuh karier sang pengadil lapangan.

"Kalau hanya dengan ball possession kita lebih enak membacanya. Kita kan tahu arahnya ke sini. Tapi bola tak terduga seperti counter attack itu yang bisa banyak mematikan karir wasit ya," ujarnya.

"Karena memang ketika ada kejadian di area penalti itu akan sulit menentukan foul atau tidak. Makanya sekarang adanya VAR untuk mengurangi hal-hal yang tidak bisa dijangkau wasit," imbuhnya.

Diakhir video, pria ini menyinggung apakah Thoriq Alkantiri setuju dalam waktu dekat sepak bola Indonesia menggunakan teknologi VAR.

"Berarti mas Thoriq setuju ya kalau di Liga Indonesi ada VAR," tanya pria itu lagi.

"Iya sangat setuju lah," balas Thoriq Alkantiri.

Videonya bisa ditonton di sini.

(SuaraJawatengah.id/Budi Arista Romadoni)

Berita Terkait

Berita Terkini